Menpupera Tunjuk Pejabat Fungsional Baru

Menpupera Tunjuk Pejabat Fungsional Baru
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (kedua kanan) melantik Anita Firmanti (kiri) sebagai Pejabat Fungsional Assessor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama yang baru. (Foto: Istimewa )
Muawwan Daelami / JAS Jumat, 26 Juni 2020 | 17:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono melantik Anita Firmanti sebagai Pejabat Fungsional Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama yang baru.

"Dalam rangka menindaklanjuti visi Presiden Joko Widodo 2020-2024 tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM), kami harapkan sumbangsih ide-ide Ibu Anita untuk dapat meningkatkan kualitas SDM di lingkungan Kementerian PUPR (Kempupera),” kata Menpupera Basuki di Auditorium Kementerian PUPR, Jumat (26/6/2020).

Basuki juga menyampaikan, sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, pejabat fungsional harus mampu memberikan kontribusi positif kepada pembangunan melalui layanan fungsional yang nyata dan hasil kerja yang terukur, seperti rekomendasi teknis, hasil analisis, dan pengolahan data.

“Kita menuju ke arah spesialisasi melalui keahlian jabatan fungsional di mana kinerja seluruh pegawai dinilai dari waktu ke waktu,” ucap Basuki.

Ia juga berpesan kepada Pejabat Fungsional yang dilantik untuk menerima amanah ini dengan niat yang baik dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab.

Sebelum dilantik sebagai Pejabat Fungsional Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama, Anita merupakan Sekretaris Jenderal Kempupera periode 2016-2020, pernah juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) 2015-2016.

Jauh sebelum itu, Anita juga merupakan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Balitbang Kempupera 2008-2015, dan Peneliti Utama Balai Bahan Bangunan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman, Balitbang Kempupera.

Jabatan Fungsional Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan penilaian kompetensi manajerial.

Sementara tugas Jabatan Fungsional Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Utama di antaranya menjadi ketua tim pada metode kompleks, wawancara/diskusi untuk memvalidasi konsep kompetensi kepada pemangku jabatan struktural eselon I dan II, menentukan target validator, menetapkan konsep simulasi dan memberi bimbingan pada asesor.



Sumber: BeritaSatu.com