Dua Tersangka Pemalsuan Surat Rapid Test Covid-19 Ditangkap

Dua Tersangka Pemalsuan Surat Rapid Test Covid-19 Ditangkap
Petugas kesehatan menunjukkan sampel saat diagnostik cepat COVID-19 atau Rapid Test. (Foto: Beritasatu Photo / Uthan A Rachim)
Arnold H Sianturi / JEM Minggu, 28 Juni 2020 | 13:04 WIB

Medan, Beritasatu.com - Dua tersangka dugaan kasus pemalsuan surat keterangan hasil rapid test Covid-19 ditangkap polisi dari sebuah kawasan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut).

Kasubbag Humas Polres Sibolga, Iptu R Sormin mengatakan, polisi mengamankan fotokopi hasil laboratorium patologi klinik sebanyak 52 lembar, 24 rangkap surat hasil laboratorium patologi klinik, dan 43 buah alat suntik bekas.

"Selain itu, petugas menyita satu lembar kertas kuning pemeriksaan laboratorium, 1 buah alat rapid test bekas, 2 buah alat suntik baru, 1 pasang sarung tangan karet," ujar Sormin, Minggu (28/6/2020).

Sormin memaparkan, kedua tersangka berinisial MAP (30) dan EWT (49). Tersangka MAP ditangkap di Tapteng dqn EWT di Sibolga. Sehari - harinya, kedua orang bersangkutan bekerja bagian kesehatan.

"Tersangka EWT merupakan staf di rumah sakit umum (RSU) Pandan. Sementara itu, untuk tersangka MAP merupakan perawat di klinik. Kedua tersangka melakukan aksinya di tempat MAP bekerja," katanya.

Menurutnya, lokasi pembuatan surat keterangan hasil rapid test palsu itu di Klinik Yakin Sehat di Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah. Diduga, sudah banyak surat palsu itu dijual kepada orang lain.

"Kasus ini terungkap setelah calon penumpang yang mau berangkat dari Dermaga Pelabuhan Sibolga tujuan Gunung Sitoli," kata Sormin.

Petugas memeriksa dokumen rapid test Covid-19 sebagai salah satu syarat keberangkatan. Petugas mencurigai bahwa calon penumpang menggunakan surat rapid test palsu.

"Setelah dilakukan penyelidikan dan pengembangan, petugas kita meringkus EWT dan MAP. Surat palsu itu dijual bervariasi, mulai dari di atas maupun di bawah Rp 100.000," sebutnya. 



Sumber: BeritaSatu.com