Polda Bengkulu Siap Laksanakan Tatanan Normal Baru

Polda Bengkulu Siap Laksanakan Tatanan Normal Baru
Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Supratman, ikut membersihkan Masjid Jamik Bengkulu pada kegiatan bakti sosial yang digelar jajaran Polda Bengkulu, Sabtu (14/3/2020), sebagai upaya pencegahan berjangkitnya virus corona di Bengkulu. (Foto: Humas Polda Bengkulu)
Usmin / FER Minggu, 28 Juni 2020 | 17:10 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Polda Bengkulu menyatakan siap mendukung penerapan pemberlakuan tatanan kehidupan baru atau new normal, menyusul dicabutnya maklumat Kapolri terkait pencegahan larangan dan upaya pembubaran terhadap kerumunan, terkait pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Kapolda Bengkulu Luncurkan Samsat Self Service di BIM

"Jajaran Polda Bengkulu, siap mendukung pelaksanaan penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal di Bengkulu, sebagai bentuk pelayanan Kepolisian kepada masyarakat," kata Kapolda Bengkulu, Irjen Pol Teguh Sarwano melalui Kabid Humas, Kombes Pol, Sudarno, di Bengkulu, Minggu (28/6/2020).

Terkait dengan pencabutan Maklumat Kapolri tersebut, Sudarno mengimbau masyarakat, khususnya warga Bengkulu, agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas di luar rumah, salah satunya menggunakan masker dan jaga jarak atau physical distancing ketika berinteraksi dengan seseorang guna mencegah terjangkit Covid-19.

Selain itu, masyarakat diimbau agar membiasakan mencuci tangan setelah memegang benda tertentu yang tidak dijamin bebas dari ancaman virus corona. "Jika masyarakat patuh terhadap penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehar-hari, insya allah akan terhindar dari ancaman terjangkit virus corona," ujarnya.

Baca Juga: Kapolri Cabut Maklumat Penanganan Covid-19

Untuk terhindari dari terjangkit Covid-19, kata Sudarno satu-satu cara adalah memiliki komitmen untuk hidup bersih dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam setiap beraktivitas diluar rumah.

"Tanpa ada komitmen yang tinggi dari masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, maka kasus Covid-19 di Bengkulu, akan sulit berakhir. Jadi, kita minta benar masyarakat dapat menjalankan protokol kesehatan dengan baik dalam setiap melakukan aktivitas di luar rumah," ujarnya.

Imbauan ini disampaikan Sudarno, karena masih banyak masyarakat Bengkulu, tidak patuh untuk menjalankan protokol kesehatan guna mencegah terjangkit virus corona. Ketidakpatuhan sebagain masyarakat Bengkulu, terhadap protokol kesehatan terlihat di beberapa titik, di antara pasar tradisional, objek wisata alam dan tempat-tempat yang banyak didatang masyarakat.

Baca Juga: Pemprov Bengkulu Siapkan Lima Tahapan New Normal

Untuk itu, Polda Bengkulu bersama instansi terkait, seperti TNI, Satpol PP, Disperindag dan Dinas Pariwisata akan meningkatkan pengawasan masyarakat yang tidak memakai masker saat berada di luar rumah, seperti pedagang dan masyarakat yang berkunjung ke lokasi tempat wisata.

"Siapa saja yang kedapatan kita tidak memakai masker di pasar tradisional, terminal, tempat wisata dan tempat keramian lainnya akan kita teguran, dan mereka wajib memaka masker sesuai penerapan protokol kesehatan," tandas Sudarno.



Sumber: BeritaSatu.com