Penumpang Positif Covid-19 Lolos dari Bandara Soetta, Angkasa Pura II Lakukan Investigasi

Penumpang Positif Covid-19 Lolos dari Bandara Soetta, Angkasa Pura II Lakukan Investigasi
Suasana apron pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: BeritaSatu Photo/Danung Arifin)
Chairul Fikri / AB Minggu, 28 Juni 2020 | 18:25 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Seorang penumpang Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 682 yang baru tiba di Bandara Domine Edward Sorong, Papua Barat, diketahui positif Covid-19. Penumpang berinisial berinisial WH (20) itu tiba, Sabtu (27/6/2020) pagi, setelah menempuh perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, Jumat (26/6/2020) malam.

Mengetahui hal tersebut, PT Angkasa Pura II mengaku akan segera melakukan investigasi terkait hal tersebut. Hal ini diungkapkan Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Febri Toga Simatupang kepada Beritasatu.com, Minggu (28/6/2020).

"Sejauh ini kita sudah dapatkan informasi dan laporannya dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), baik yang ada di Bandara Soetta dan otoritas Bandara Domine Edward Sorong. Mereka mengaku akan segera melakukan pengecekan dan investigasi serta tracking sesuai SOP Covid-19," ungkap Febri.

Menurutnya, kewenangan pemberian izin bagi penumpang pesawat untuk bisa terbang ke daerah tujuan ada pada KKP Bandara Soetta.

"Angkasa Pura II pastinya tidak melakukan pengecekan karena kita hanya memfasilitasi petugas KKP, Gugus Tugas Covid-19, dan pemprov, dengan menyediakan tempat, Jadi kalau masalah clearance penumpang untuk bisa terbang ke bandara tujuan atau keluar kota, ya yang mengeluarkannya KKP dan Satuan Gugus Tugas Covid-19 yang ada di Bandara Soetta," ungkap Febri.

Meski enggan mengaku kecolongan atas kasus ini, pihak Angkasa Pura II akan terus melakukan pengawasan ke depan agar kejadian seperti itu tak terulang kembali.

"Yang pasti AP II akan terus melakukan koordinasi lebih intensif dengan stakeholder terkait penanganan Covid-19 di bandara, entah itu dari Satgas Covid-19-nya dari KKP agar kejadian ini tidak terulang. Ini akan dievaluasi di seluruh bandara di bawah Angkasa Pura II," tegasnya.

Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta belum menanggapi kasus ini. KKP belum memberi respons setelah beberapa kali dihubungi Beritasatu.com.

Sebelumnya, seorang penumpang asal Bandung yang menggunakan pesawat Garuda Indonesia yang terbang dengan tujuan Sorong dinyatakan positif Covid-19 setelah pihak Bandara Domine Edward Sorong memeriksa dokumen penumpang tersebut. Penumpang itu adalah siswa program afirmasi pendidikan menengah asal Kabupaten Sorong Selatan. Ia berangkat dari Jakarta bersama rombongan berjumlah 43 orang.

Atas insiden tersebut, penumpang itu langsung dibawa ke ruang isolasi Bandara Domine Edward Sorong dan penumpang lainnya menjalani pemeriksaan secara intensif dan diminta melakukan isolasi mandiri setelah tiba di kampung halamannya.



Sumber: BeritaSatu.com