Pasien Positif Covid-19 di Sumut Kembali Meningkat

Pasien Positif Covid-19 di Sumut Kembali Meningkat
Ilustrasi pemeriksaan pasien yang diduga terinfeksi Covid-19. (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / FER Minggu, 28 Juni 2020 | 19:43 WIB

Medan, Beritasatu.com - Jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) bertambah 20 orang menjadi 1.467 dari sehari sebelumnya (Sabtu sore) sebanyak 1.447 orang.

Baca Juga: Pariwisata di Sumut Masih Sepi

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan mengatakan, pasien meninggal dunia dari jumlah itu masih 92 orang.

Untuk pasien positif Covid-19 yang sembuh setelah mendapatkan penanganan medis juga bertambah 10 orang menjadi 383 orang dari sehari sebelumnya 373 orang.

"Pasien positif lainnya masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit penanganan Covid-19," ujar Whiko Irwan di Medan, Minggu (28/6/2020).

Baca Juga: Sumut Nyatakan Kesiapan Menuju New Normal

Whiko mengatakan, angka pasien positif Covid-19 ini setelah keluar hasil pemeriksaan metode polymerase chain reaction (PCR) dari laboratorium Rumah Sakit USU.

"Belakangan ini, rapid test secara massal oleh pemerintah sedang gencar dilakukan. Ini membuktikan bahwa penyebaran Covid-19 masih berlangsung di masyarakat," katanya.

Menurutnya, cakupan rapid test secara massal akan diperluas ke depannya. Sehingga, pencegahan dari penyebaran virus corona di masyarakat dapat diambil.

Baca Juga: 75 ASN di Medan Positif Covid-19

"Kunci mengatasi penularan ini adalah menggunakan masker, mengambil jarak, tidak kerumunan dan rajin mencuci tangan. Jika protokol kesehatan ini diikuti maka penularan menurun," sebut Whiko.



Sumber: BeritaSatu.com