IRN Buka Beasiswa untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

IRN Buka Beasiswa untuk Mahasiswa Tingkat Akhir
Ilustrasi penelitian. (Foto: ZeeNews India)
Maria Fatima Bona / EAS Minggu, 28 Juni 2020 | 23:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Program Indofood Riset Nugraha (IRN) tahun akademik 2020/2021 kembali dibuka. Program ini menyasar mahasiswa strata satu (S-1) tingkat akhir semua jurusan untuk memperoleh bantuan dana riset.

“Kami terus berupa untuk mendukung mahasiswa S-1 dapat menyelesaikan riset atau tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Kami percaya mahasiswa sebagai generasi milenial yang tanggap teknologi, mampu beradaptasi dengan melakukan berbagai penyesuaian di era kenormalan baru,” kata Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Axton Salim dalam siaran pers diterima Suara Pembaruan, Minggu (28/6/2020).

Axton menuturkan, program IRN tahun ini mengangkat tema "Milenial dan Penelitian Pangan Era Kenormalan Baru Menuju Indonesia Maju". Menurut Axton, selaras dengan tema, maka program IRN selain memberikan dana riset, mahasiswa juga mendapatkan bimbingan langsung dari dewan pakar IRN. Diharapkan, dengan perpaduan kreativitas milenial dan bimbingan para pakar memungkinkan semakin banyak riset yang aplikatif, mudah, dan menjadi solusi bagi masyarakat seperti untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Selanjutnya, Axton juga mengatakan, program IRN terus mendorong penelitian pangan berbasis pada lokal yang dimiliki Indonesia.

"Pangan lokal Indonesia sangat beragam dan memiliki potensi untuk dikembangkan. Diperlukan inovasi-inovasi dari berbagai sisi baik teknologi, nilai gizi, pengembangan sistem, kreativitas kemasan, marketing hingga sistem distribusinya. Pada akhirnya riset pangan yang unggul dapat mendukung kemandirian pangan nasional,” ujarnya.

Khusus untuk syarat lainnya untuk mendapat beasiswa adalah jangka waktu penelitian paling lama satu tahun dan menyertakan riwayat hidup lengkap mahasiswa dan dosen pembimbing serta penelitian dilakukan di Indonesia.

Mahasiswa yang lolos dalam program IRN, selain mendapat bantuan dana penelitian, juga akan dibimbing secara khusus oleh dewan pakar IRN. Selain itu, di akhir program, tiga peneliti terbaik akan mendapatkan kesempatan memperoleh special appreciation dari Indofood.

Untuk mendapat beasiswa tersebut mahasiswa perlu mendaftarkan proposal penelitianya melalui website www.indofoodrisetnugraha.com atau mengirim email ke indofoodrisetnugraha@indofood.co.id mulai 27 Juni hingga 30 Juli 2020. 



Sumber: BeritaSatu.com