Jokowi Minta Dibuat Panduan Tatanan Normal Baru Buat Pemda

Jokowi Minta Dibuat Panduan Tatanan Normal Baru Buat Pemda
Joko Widodo. (Foto: Antara)
Lenny Tristia Tambun / WBP Senin, 29 Juni 2020 | 11:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta dibuatkan panduan tatanan new normal (normal baru) sebagai pedoman bagi pemerintah daerah (pemda) yang akan memasuki tahapan itu.

“Diberikan panduan, ada guidance dari pusat,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas) tentang percepatan penanganan dampak pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Jokowi Minta Terobosan Baru dalam Penanganan Covid-19

Dengan adanya panduan tatanan normal baru tersebut, lanjutnya, daerah tidak salah mengambil keputusan saat ingin memasuki tahapan normal baru. Kebijakan dapat diambil tepat pada waktunya. “Sehingga mereka tidak salah. Ada prakondisi, ada ketepatan timing-nya,” ujar Jokowi.

Tidak hanya itu, panduan tatanan normal baru juga diberikan pada sektor usaha, bisnis dan kegiatan masyarakat yang aktivitasnya sudah bisa dibuka kembali. “Prioritas sektor mana yang dibuka itu, betul-betul diberikan panduan,” terang Jokowi.

Ia meminta daerah-daerah yang sudah mulai memasuki normal baru agar dievaluasi tahapan pelaksanaan. “Saya juga minta dilihat betul daerah-daerah yang mulai masuk ke new normal. Tahapannya betul-betul dilalui. Baik itu prakondisi, timing-nya kapan,” jelas Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com