6 Tersangka Sindikat Narkoba Internasional Ditangkap di Medan dan Aceh

6 Tersangka Sindikat Narkoba Internasional Ditangkap di Medan dan Aceh
Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Pol Arman Depari (ketiga kanan) menjelaskan pengungkapan kasus sindikat narkoba jaringan internasional di markas BNN Sumut, Senin, 29 Juni 2020. (Foto: Istimewa)
Arnold H Sianturi / JEM Senin, 29 Juni 2020 | 20:09 WIB

Medan, Beritasatu.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil meringkus 6 anggota sindikat narkoba jaringan internasional dari kawasan Aceh, Binjai dan Medan. Keenam tersangka MF, MR, BW, AM, RS dan MRU. Petugas menyita 40 kg sabu-sabu, handphone, dan barang bukti lainnya dari keenam tersangka.

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari memaparkan, sabu-sabu diselundupkan menggunakan perahu motor dari perairan Pulau Penang di Malaysia sekitar 25 Juni 2020.

"Sebelum berhasil menyelundupkan 40 kg sabu-sabu ini, mereka juga memasok sekitar 165 kg sabu-sabu. Namun, barang bukti itu dibuang ke tengah laut saat melihat petugas kepolisian bersama Bea dan Cukai," ungkap Arman Depari di markas BNN Sumut, Senin (29/6/2020).

Dijelaskan, penangkapan sindikat ini berawal dari adanya informasi penyelundupan narkoba dari Malaysia tujuan Aceh, sekitar 25 Juni. Petugas BNN kemudian melakukan pengintaian berkoordinasi dengan Kanwil Bea Cukai Aceh Sumut. Petugas bergerak dengan kapal patroli laut Bea dan Cukai BC 15021 dan BC 20011 melakukan pemantauan di laut mengikuti informasi STS (Ship to Ship) Narkotika oleh kapal nelayan jenis Oskadon di Perairan Malaysia.

Pada 27 Juni sekitar pukul 16.30 WIB, petugas BNN berhasil memantau pergeseran 2 orang tersangka membawa narkotika ke arah Medan. Kedua orang itu adalah MF dqn MR ditangkap di Kilometer 14 kawasan Binjai. Petugas mengamankan barang bukti 29 kg sabu-sabu.

Dalam pengembangan, petugas menangkap dua orang warga asal Surabaya yakni BW dan AM di area parkir Carrefour Plaza Jalan Gatot Subroto Medan. Pengembangan dilanjutkan ke wilayah Bireuen, Aceh dan diamankan 8 bungkus sabu-sabu yang di sembunyikan pelaku RZ di gudang milik pelaku MRU di Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Aceh.



Sumber: BeritaSatu.com