HUT Bhayangkara, 4.308 Warga Peroleh SIM Gratis

HUT Bhayangkara, 4.308 Warga Peroleh SIM Gratis
Petugas Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM melakukan perekaman data warga pembuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Satpas Mapolres Metro Tangerang Kota, Tangerang, Banten, Rabu (23/6/2020). (Foto: BeritaSatu Photo / Mohammad Defrizal)
Gardi Gazarin / RSAT Selasa, 30 Juni 2020 | 18:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menyambut HUT Bhayangkara ke 74, Polri memberikan pelayanan gratis pembuatan surat izin mengemufi (SIM) bagi warga yang lahir pada 1 Juli. Tercatat sekitar 4.308 warga yang tanggal lahirnya sama dengan Hari Bhayangkara telah mendaftar untuk mendapatkan SIM gratis.

Kebijakan SIM gratis ini tertuang dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri Jenderal Idham Azis bernomor ST/1671/VI/YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang ditandatangani Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono. Satpas di setiap wilayah di seluruh Indonesia diminta untuk memberikan pelayanan khusus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74.

Dalam pembuatan SIM gratis ini, masyarakat tidak dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). "Pemberian SIM gratis ini hanya dikhususkan bagi warga yang lahir di tanggal 1 Juli," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Selasa (30/6/2020).

Sementara itu Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf mengatakan, layanan SIM gratis menyambut HUT Bhayangkara hanya untuk SIM A dan SIM C saja. Warga yang telah mendaftar cukup membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori, dan praktik serta membawa SIM asli bagi yang proses perpanjangan.

Hingga kini menurut Brigjen Yusuf jumlah warga yang sudah mendaftar progran SIM gratis ada 4.308 orang di seluruh Indonesia. Seluruh satpas di lingkungan polres bersiap menjalankan program tersebut.



Sumber: BeritaSatu.com