Dua RS di Kota Semarang Telah Terima Dana Insentif Covid-19

Dua RS di Kota Semarang Telah Terima Dana Insentif Covid-19
Ilustrasi tenaga kesehatan. (Foto: Antara)
Stefy Thenu / JAS Selasa, 30 Juni 2020 | 21:11 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam mengungkapkan, dua dari 11 rumah sakit di ibu kota Jateng itu telah menerima dana insentif tenaga kesehatan rumah sakit yang memberikan pelayanan Covid-19.

"Sudah ada dua yang menerima, yakni RS Telogorejo dan RS Columbia Asia," ujar Hakam kepada Beritasatu.com, Selasa (30/6/2020).

Dana insentif yang diterima RS Telogorejo sebesar Rp 2.694.886.364 dan RS Columbia Asia Rp 636.704.532.

Hakam menjelaskan, Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Kesehatan telah memverifikasi dan mengirimkan pengajuan insentif tenaga kesehatan rumah sakit yang memberikan pelayanan Covid 19 ke BPSDM Kementerian Kesehatan, yakni sebanyak 11 RS terdiri atas 1 RS Lini 1, 4 RS Lini 2, 6 RS Lini 3) sebesar Rp10.591.804.877.

"Kini, masih 9 RS lagi yang masih menunggu pencairan. Kami berharap dapar segera dicairkan," ungkapnya.

Pihaknya mengaku, proses pengajuan yang dilakukan telah sesuai atau tepat waktu.

"Usulan kami tepat waktu," ujar Hakam.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Kesehatan, Abdul Kadir, kemarin menyatakan, insentif ke tenaga medis lambat karena ada proses yang memerlukan waktu sehingga menyebabkan lambannya pencairan.

Salah satunya karena usulan pembayaran tunjangan tenaga kesehatan dari faskes (klinik, puskesmas, RS) serta dinas kesehatan daerah lambat.

Kelambatan diduga karena usulan tersebut mesti diverifikasi di internal fasilitas pelayanan kesehatan baru kemudian dikirim ke Kemkes.



Sumber: BeritaSatu.com