HUT Bhayangkara, Momentum Polri Dekat dengan Masyarakat

HUT Bhayangkara, Momentum Polri Dekat dengan Masyarakat
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin pacara ziarah makam dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta, Senin, 29 Juni 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Joanito De Saojoao)
Markus Junianto Sihaloho / RSAT Selasa, 30 Juni 2020 | 23:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi III DPR, Aboebakar Al-Habsyi, menyatakan perayaan HUT Bhayangkara 2020 adalah momentum bagi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) agar menjadi semakin baik, khususnya soal kemitraan dengan masyarakat.

Menurut Aboebakar, pihaknya mengapresiasi kinerja Polri selama ini dalam rangka menjaga ketertiban masyarakat, menghadirkan keamanan maupun dalam proses penegakan hukum.

"Tentu kita berharap Polri akan semakin profesional, artinya semua langkah yang dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Setiap kerja yang dilakukan harus sesuai dengan protap atau SOP yang dimiliki," kata Aboebakar, Selasa (30/6/2020).

Di masa pandemi Covid-19, dia menilai peran personil Polri dalam mengawal kebijakan pemerintah demi kesehatan masyarakat sangat penting. Namun dia mengingatkan, agar selama pandemi dan era new normal, Polri harus mengedepankan keselamatan personelnya.

"Oleh karenanya, dukungan APD untuk petugas di lapangan harus dikedepankan. Selain itu, layanan-layanan yang diberikan oleh Polri seperti SIM, STNK, ataupun SKCK. Berbagai layanan tersebut perlu ditata dengan baik, sehingga akan aman terhadap Covid-19," kata dia.

Secara khusus, mengingat tahun 2020 akan dilaksanakan pilkada serentak, Aboebakar berharap Polri selalu menjaga independensinya.

"Di sini juga berarti Polri harus menjaga netralitasnya, dalam menjalankan tugas Polri tidak boleh berpihak kepala kelompok tertentu atau pihak tertentu," pungkas Aboebakar.

Anggota Komisi III lainnya, Masinton Pasaribu, menyatakan dirinya berharap Polri mampu segera mereformasi kelembagaannya agar lebih bersih, profesional, dan mengayomi masyarakat.

"Dengan Polri yang bersih, profesional, dan mengayomi masyarakat, maka Polri bisa semakin dipercaya masyarakat, dan mendapat hati di masyarakat," kata Masinton.



Sumber: BeritaSatu.com