Hari Bhayangkara Dirayakan Sederhana

Hari Bhayangkara Dirayakan Sederhana
Ilustrasi polisi. (Foto: Antara / Jessica Helena Wuysang)
/ AB Rabu, 1 Juli 2020 | 07:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Peringatan HUT Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020 akan dirayakan secara sederhana karena Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

"Rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhayangkara akan dilaksanakan secara sederhana. Konsepnya menyesuaikan kondisi saat ini, yaitu pada masa transisi menuju new normal dengan tetap menaati protokol kesehatan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Awi Setiyono di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Untuk menyambut HUT Bhayangkara, sejak awal Juni 2020, Mabes Polri bersama polda dan polres jajaran telah melaksanakan sejumlah bakti sosial, di antaranya donor darah, pembagian paket sembako kepada warga, serta membersihkan kampung dan tempat ibadah.

Selain itu, pihaknya menggelar rapid test dan layanan pembuatan SIM gratis bagi warga yang lahir pada tanggal 1 Juli.

Dengan mengusung tema "Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Makin Produktif", peringatan HUT Bhayangkara tahun ini terdiri atas bakti sosial selama Juni, pemuliaan nilai-nilai Tribrata, serta ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

Di samping itu, lanjutnya, ada pengiriman karangan bunga kepada purnawirawan kapolri atau warakawuri kapolri.

Puncak peringatan Hari Bhayangkara dilaksanakan pada Rabu (1/7) pukul 08.30 WIB di Istana Negara dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo.

"Upacara peringatan Hari Bhayangkara dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi, live streaming di Bareskrim Polri, polda, dan polres jajaran. Selanjutnya, acara syukuran Hari Bhayangkara pada pukul 10.00," tutur Awi.



Sumber: ANTARA