3 Kabupaten di Bengkulu Berubah Jadi Zona Hijau Covid-19

3 Kabupaten di Bengkulu Berubah Jadi Zona Hijau Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Antara)
Usmin / JEM Rabu, 1 Juli 2020 | 12:01 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Dua dari dari 9 kabupaten di Bengkulu, kini sudah berubah menjadi zona hijau virus corona atau Covid-19 setelah tidak ada kasus baru muncul di daerah tersebu

Kedua kabupaten berubah menjadi zona hijau di Bengkulu, yakni Mukomuko dan Seluma. Sebelumnya satu-satu kabupaten di Bengkulu yang terus hijau virus corona, yakni Kabupaten Lebong.

Dengan demikian, jumlah kabupaten di Bengkulu, saat ini berstatus zona hijau menjadi tiga, Lebong, Mukomuko dan Seluma.
Sedangkan 7 kabupaten lainya masih zona merah Covid-19.

Adapun 7 kabupaten di Bengkulu yang berstatus zona merah, yakni Kota Bengkulu, Kaur, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Selatan dan Bengkulu Tengah.

"Kita bersyukur Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bengkulu sudah menetapkan 3 kabupaten di Bengkulu berstatus zona hijau virus corona. Sedangkan 7 kabupaten dan kota masih zona merah," kata Kepala Dinkes Bengkulu, Herwan Antoni, di Bengkulu, Selasa (30/1/2020).

Ia mengatakan kabupaten yang berstatus zona hijau sudah diberikan untuk melakukan aktivitas baik dibidang ekonomi maupun pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai imbuan pemerintah pusat.

"Jadi, setiap kegiatan di masyakarat yang melibatkan orang banyak harus menerapkan protokol kesehatan guna menghindari terjangkit virus corona," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lebong, Rosjonsyah mengatakan mulai awal Juli ini pemkab mengizinkan masyarakat untuk menggelar pesta pernikahan baik diruang tertutup maupun terbuka dengan menerapkan proktokol kesehatan.

Selain itu, Pemkab Lebong juga mengizinkan masyarakat untuk beraktivitas seperti biasa guna memulihkan ekonomi warga setelah sempat terhenti akibat wabah virus corona di daerah ini.

Namum, meski warga diberikan izin untuk kembali beraktivitas seperti biasa tapi tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak terjangkit virus corona.

Sampai saat ini jumlah kasus posi tif Covid-19 di Bengkulu tercatat sebanyak 125 orang. Dari jumlah tersebut 89 sembuh, 5 orang masih dirawat, 19 jalani isolasi mandiri di rumah dan 22 meninggal dunia.



Sumber: BeritaSatu.com