Pemda DIY Salurkan Rp 1,37 Miliar Donasi Masyarakat

Pemda DIY Salurkan Rp 1,37 Miliar Donasi Masyarakat
Donasi masyarakat DI Yogyakarta melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X kepada lima perwakilan penerima di Bangsal Kepatihan, Selasa, 30 Juni 2020. (Foto: Istimewa)
Fuska Sani Evani / JEM Rabu, 1 Juli 2020 | 12:50 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Sumbangan kemanusiaan masyarakat DI Yogyakarta melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, disalurkan ke masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dalam bentuk kebutuhan pokok.

Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY Biwara Yuswantana, Selasa (30/06/2020) mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan berasal dari donasi masyarakat, dunia usaha, perusahaan, dan sebagainya dengan nilai yang terkumpul sebesar Rp 1,37 miliar.

Dari dana tersebut diwujudkan bantuan berupa sembako dan kebutuhan penunjang kesehatan berupa beras yang disalurkan sebanyak 24 ton, gula 16 ton, minyak goreng 8.232 liter, thermo gun 200 buah, dan hand soap/hand sanitizer sebanyak 383 galon. Bantuan disalurkan kepada 125 panti asuhan di seluruh DIY dengan total bantuan sebanyak 4.236 paket serta 76 pondok pesantren yang santrinya tidak pulang ke kampung halaman, sebanyak 3.996 paket.

"Tiap paket terdiri dari beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, minyak 1 liter, thermo gun 1 buah, dan hand soap 5 liter. Paket kita hitung sesuai penghuni yang ada. Kalau ponpes besar thermo gun kita beri 2 buah. Hand soap 5 liter diharapkan menunjang kesiapan ketika beraktivitas lagi. Sembako membantu lembaga itu untuk memenuhi kebutuhan anak-anak di panti dan pondok," bebernya.

Biwara pun menyatakan, bantuan yang paling tepat saat ini adalah sembako, karena aktivitas ekonomi yang menurun tajam sehingga dibutuhkan bantuan untuk bisa bertahan hidup.

 

 



Sumber: BeritaSatu.com