Istri Hakim Jamaluddin Divonis Hukuman Mati

Istri Hakim Jamaluddin Divonis Hukuman Mati
Zuraidah Hanum (tengah) dalang pembunuhan suaminya, hakim PN Medan, Jamaluddin. (Foto: Beritasatu Photo / Arnold H Sianturi)
Arnold H Sianturi / YUD Rabu, 1 Juli 2020 | 16:05 WIB

Medan, Beritasatu.com - Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap Zuraidah Hanum (42), sebagai dalang pembunuhan suaminya yang berprofesi sebagai hakim, Jamaluddin, Rabu (17/2020).

Dalam persidangan yang digelar secara video teleconference di Ruang Cakra VIII Pengadilan Negeri Medan, majelis hakim yang dipimpin Erintuah Damanik juga memutuskan hukuman penjara seumur hidup terhadap Jefri Pratama.

Begitu juga dengan Reza Fahlevi yang merupakan adik kandung Jefri Pratama, divonis hukuman 20 tahun penjara. Jefri dan Reza merupakan eksekutor pembunuhan hakim Jamaluddin, 29 November 2019 lalu.

"Terdakwa Zuraidah terbukti bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana yang dilakukan secara bersama-sama sebagaimana dakwaan primer Jaksa Penuntut Umum," ujar hakim Erintuah.

Menurut Erintuah, Zuraidah Hanum sebagai insiator mulai dari persiapan hingga pembunuhan. Terdakwa juga tidak pernah menunjukan rasa penyesalan selama persidangan atas pembunuhan suaminya.

Seperti diketahui, hakim Jamaluddin ditemukan tewas di dalam mobil Toyota Prado BK 77 HD di sebuah jurang di Dusun II Desa Suka Dame Kecamatan Kutalimbaru, pada Jumat (29/11/2019).

Hasil autopsi, hakim Jamaluddin ternyata dibunuh. Dalam persidangan, Zuraidah Hanum menyampaikan, suaminya sudah mengkhianati pernikahan dengan sering berselingkuh. Bahkan, Jamaluddin juga masih melakukan itu saat Zuraidah masih mengandung anaknya.

"Bukan hanya sekali, dia terus berselingkuh dengan berjejer perempuan, dari pertama pernikahan saya dia selalu mengkhianati saya. Saya lagi hamil pun dia bawa perempuan," kata Zuraidah saat sidang.



Sumber: BeritaSatu.com