Mendagri Terkejut Warga Medan Sudah New Normal Meski Belum Ada Izin Pusat

Mendagri Terkejut Warga Medan Sudah New Normal Meski Belum Ada Izin Pusat
Ilustrasi normal baru. (Foto: AFP)
Arnold H Sianturi / JEM Jumat, 3 Juli 2020 | 11:19 WIB

Medan, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku merasa terkejut karena masyarakat di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), sudah melaksanakan kehidupan yang normal (new normal) meski pemerintah pusat maupun provinsi belum secara resmi memberikan peraetujuan maupun mengumumkan tatanan normal tersebut.

"Saya merasa kaget ketika masuk Medan di tengah pandemi Covid-19, melihat banyak aktivitas di tengah masyarakat. Saya kemudian bisik - bisik dengan Pak Gubernur Sumut, di sini kayaknya sudah normal," ujar Tito Karnavian dalam acara silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan agama di Hotel Grand Aston Medan, Kamis (2/7/2020) malam.

Turut hadir dalam acara silaturahmi itu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di daerah tersebut.

Mantan Kapolri seakan memberikan sentilan itu karena melihat aktivitas masyarakat, yang masih banyak mengabaikan protokol kesehatan. Tidak menggunakan masker, mengambil jarak bahkan sampai kerumunan. Namun, Tito Karnavian mengaku menghargai sebagian masyarakat yang sudah menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi tersebut.

"Tapi kita menghargai teman-teman yang memakai masker dan hand sanitizer. Saya melihat Medan juga memiliki kekhawatiran dan bahkan ketakutan, yang sama dengan daerah lainnya di Indonesia dan bahkan dunia, pada masa pandemi Covid-19. Apalagi, setelah kita pantau melalui media, keramaian itu sudah berlangsung lama," sebutnya.  

 



Sumber: BeritaSatu.com