Taati Protokol Covid-19, Unja Perbanyak Lokasi Ujian Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Taati Protokol Covid-19, Unja Perbanyak Lokasi Ujian Seleksi Masuk Perguruan Tinggi
Pelaksanaan SBMPTN. (Foto: Antara)
Radesman Saragih / JEM Jumat, 3 Juli 2020 | 11:27 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Universitas Jambi (Unja) memperbanyak lokasi dan menambah jadwal ujian tulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebagai upaya pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19. Penambahan lokasi dan jadwal UTBK SBMPTN tersebut dilakukan agar physical distancing (jaga jarak) setiap peserta dalam setiap ruang ujian bisa terjaga.

Kepala Bagian Humas Unja, Akbar Kurnia di Jambi, Kamis (2/7) menjelaskan, jumlah lokasi UTBK SBMPTN di Jambi dilaksanakan di enam tempat dengan total 26 ruangan. Tiga lokasi UTBK SBMPTN di daerah itu berada di Kabupaten Muarojambi, yakni di kampus Unja, Mendalo, Kabupaten Muarojambi, Sekolah Menengah Atas (SMA) Unggul Titian Teras, Pijoan, Muarojambi dan SMA Negeri 1 Muarojambi. Sedangkan tiga lokasi di Kota Jambi, yakni di kampus Unja Buluran, Unja Telanaipura dan SMK Negeri 3 Kota Jambi.

Akbar Kurnia menambahkan, dalam rangka mematuhi protokoler kesehatan Covid-19 pada UTBK SBMPTN di Jambi, Unja juga menambah jadwal dan tahapan ujian. UTBK SBMPTN di Jambi gelombang pertama di daerah tersebut digelar 10 hari mulai 5-14 Juli 2020 dan gelombang kedua selama 10 hari mulai 20 - 29 Juli 2020.

“Pelaksanaan UTBK SBMPTN setiap hari dibagi juga sebanyak dua sesi. Ujian sesi pertama dilaksanakan pukul 09.00 - 11.15 WIB dan sesi kedua dilaksanakan pukul 14.00 - 16.15 WIB. Jeda waktu selama dua jam 45 menit pelaksanaan ujian dimanfaatkan untuk melakukan protokoler kesehatan, yaitu menyemprot disinfektan di dalam ruang ujian,”katanya.

Dijelaskan, UTBK SBMPTN di Provinsi Jambi diikuti sekitar 9.675 orang peserta. Sekitar 7.660 orang peserta masuk jalur reguler dan sekitar 2.015 orang peserta masuk jalur prestasi atau Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pengumuman hasil UTBK SBMPTN di daerah itu dilakukan 20 Agustus 2020. 



Sumber: BeritaSatu.com