Pemprov Bengkulu Siap Cairkan Dana Pilkada Serentak Tahap Dua

Pemprov Bengkulu Siap Cairkan Dana Pilkada Serentak Tahap Dua
Ilustrasi Pilkada 2020. (Foto: Antara)
Usmin / FMB Sabtu, 4 Juli 2020 | 14:02 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu siap mencairkan dana Pilkada Serentak 2020 tahap kedua sebesar Rp 66 miliar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Kita siap mencairkan dana pilkada serentak tahap kedua ke KPU Provinsi Bengkulu sebesar Rp 66 miliar dari total anggaran pilkada daerah ini sebanyak Rp 110 miliar," ujar Asisten III Pemprov Bengkulu, Gotri Suyanto di Bengkulu, Sabtu (4/7/2020).

Ia mengatakan, sesuai dengan Permendagri No 41 Tahun 2020, pencairan dana pilkada serentak ke KPU Provinsi Bengkulu, dilakukan dua tahap.

Tahap pertama dana pilkada serentak sudah dicairkan Pemprov Bengkulu ke KPU setempat sebesar Rp 44 miliar dari total anggaran pilkada Rp 110 miliar.

Sedangkan tahap kedua akan dicairkan pada Juli ini sebesar Rp 66 miliar. Namun, sampai sekarang usulan pencairan dana pilkada tahap kedua belum diajukan KPU ke Pemprov Bengkulu.

"Yang jelas, sepanjang ada usulan permintaan pencarian dana pilkada tahap kedua dari KPU pada dasarnya Pemprov siap memproses dan mencairkanya pada Juli ini sesuai jadwalnya menurut Permendagri No 41 tersebut," ujar mantan Ketua Bappeda Provinsi Bengkulu ini.

Anggaran Pilkada Serentak 2020 sudah disiapkan di APBD Pemprov Bengkulu dan tinggal mencairkan sesuai Nota Pemberian Hibah Dana (NPHD) yang sudah ditandatangani antara KPU dan Pemprov Bengkulu.

Gotri Suyanto menduga KPU Provinsi Bengkulu belum mengajukan pencairan dana pilkada tahap dua karena dana n tahap pertama masih banyak yang belum dimanfaatkan sehingga stok anggaran masih aman untuk melaksanakan tahapan pilkada di daerah ini.

Hal ini terjadi karena banyak kegiatan tahapan pilkada yang melibatkan orang banyak, seperti sosialisasi pilkada, dan pertemuan lainya tidak bisa dilaksanakan karena terbentur protokol kesehatan Covid-19.

Pilkada Serentak 2020 di Bengkulu, dilaksanakan di 8 kabupaten dan satu pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Adapun pilkada 8 kabupaten di Bengkulu, yakni Mukomuko, Bengkulu Utara, Seluma, Kepahiang, Lebong, Rejang Lebong, Kaur dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sedangkan jumlah TPS 4.341, jumlah anggot PPK sebanyak 645 orang, junlah anggota PPS sebanyak 4.359 orang dan asumsi jumlah pemilih Pilkada Serentak 2020 sebanyak 1.462.455 jiwa. 



Sumber: BeritaSatu.com