Amnesty International Apresiasi Langkah Indonesia Tampung Pengungsi Rohingya

Amnesty International Apresiasi Langkah Indonesia Tampung Pengungsi Rohingya
Sejumlah pengungsi etnis Rohingya beristirahat di pondok pedagang pesisir pantai Lancok, Kecamatan Syantalira Bayu, Aceh Utara, Aceh, Kamis (25/6/2020). (Foto: ANTARA FOTO / Rahmad)
Yeremia Sukoyo / JAS Sabtu, 4 Juli 2020 | 14:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Indonesia berinisiatif menampung 99 pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh. Tidak hanya itu, Pemerintah juga menyediakan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi.

Merespons inisiatif Pemerintah, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, mengapresiasi langkah pemerintah yang telah memperhatikan nasib pengungsi Rohingya.

"Kami menyambut baik inisiatif Pemerintah Indonesia. Para pengungsi Rohingya sangat membutuhkan dan memang berhak mendapatkan bantuan kebutuhan dasar, seperti makanan yang layak, tempat penampungan sementara yang aman," kata Usman Hamid, di Jakarta, Sabtu (4/7/2020).

Menurutnya, saat ini pengungsi Rohingya juga sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang memadai. Terutama upaya atau langkah nyata melindungi para pengungsi dari penularan virus corona.

"Pelayanan kesehatan yang memadai yang utamanya dapat mencegah mereka dari penularan virus Covid-19. Kesehatan mereka harus menjadi perhatian utama," ucapnya.

Dirinya mengingatkan, hingga saat ini masih ada ratusan pengungsi Rohingya yang terombang ambing di lautan. Mereka berupaya mencari tempat perlindungan karena merasa terancam di tempat asalnya.

"Masih ada ratusan pengungsi Rohingya yang masih terombang-ambing di tengah laut, mencari tempat berlindung. Pemerintah Indonesia dan negara lain di kawasan tidak bisa menutup mata. Sudah menjadi tanggung jawab setiap negara untuk menjemput bola, mencari dan menyelamatkan mereka semua," tutup Usman.



Sumber: BeritaSatu.com