Gubernur Khofifah Siap Kawal Penyaluran BLT Dana Desa

Gubernur Khofifah Siap Kawal Penyaluran BLT Dana Desa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Sabtu, 4 Juli 2020 | 17:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi program-program yang telah digelontorkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Di antaranya adalah program desa tanggap Covid-19, penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa, serta program pemulihan ekonomi dan program padat karya tunai desa (PKTD). 

Baca juga: Penyaluran BLT Dana Desa Sudah Capai 95 Persen

Hal ini disampaikan oleh Khofifah ketika meletakan batu pertama pembangunan gedung Rumah Sakit Nadhlatul Ulama (RSNU) bersama Mendes di Jombang. 

Khofifah mengapresiasi program BLT Dana Desa yang hingga awal Juli telah menyasar 71.065 desa atau 95% dari 74.835 desa dengan total dana sekitar Rp 4,53 triliun. Ia pun menyatakan kesiapan dirinya untuk mengawal penyaluran bantuan agar tepat sasaran.

"Jawa Timur selalu siap mengawal program Menteri Desa yang sangat luar biasa yaitu BLT Dana Desa. Bukan hanya mengawal tersalurkan, tapi juga memastikan bahwa BLT bermanfaat untuk masyarakat," ungkap Khofifah dalam keterangan pers yang diterima Sabtu (4/7/2020).

Menurutnya, program BLT Dana Desa dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Pak Mendes ini berkahnya luar biasa karena bermanfaat untuk masyarakat, utamanya masyarakat desa,” kata Khofifah.

“Kita doakan Menteri Desa sehat, barokah serta bermanfaat utamanya untuk kesejahteraan masyarakat desa. Jawa Timur siap mengawal program Pak Menteri lahir batin, bukan hanya lahir Pak Halim, tapi batin juga,” imbuhnya.



Sumber: BeritaSatu.com