Operator Seluler Diminta Fasilitasi Internet Murah Saat Pandemi

Operator Seluler Diminta Fasilitasi Internet Murah Saat Pandemi
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta. (Foto: Dok. DPR)
Jayanty Nada Shofa / JNS Sabtu, 4 Juli 2020 | 23:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta meminta para operator seluler untuk memfasilitasi layanan internet murah bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Sebab, mewabahnya virus corona telah mengakibatkan segala aktivitas seperti kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring.

Hal ini disampaikan Sukamta pada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) mengenai dukungan dan langkah strategis yang telah dilakukan oleh operator telekomunikasi di tengah pandemi. Hadir dalam rapat adalah Direktur Utama PT Telkomsel Setyanto Hantoro, Direktur Utama PT Indosat Ahmad Abdulaziz Al-Neama dan Direktur Utama PT XL Axiata Dian Siswarini.

Menurut Sukamta, operator seluler dapat memangkas tarif internet lebih rendah sebagai bagian dari corporate social responsibility (CSR) untuk meringankan beban masyarakat. Terlebih, pendapatan masyarakat terdampak akibat pandemi ini.

"Saya membayangkan agar masyarakat ini terbantu misalnya tarif internetnya dikurangi. Ketika masyarakat pendapatannya tidak naik, bagaimana caranya agar seluruh komponen bangsa bersama saling membantu mengurangi pengeluaran masyarakat. Misalnya, tarif komunikasinya diturunkan," ungkap Sukamta pada rapat tersebut, Kamis (2/7/2020).

Legislator dapil DIY itu mencontohkan, jika ada warga yang memiliki lima anak usia sekolah, kelima anak tersebut membutuhkan internet untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah. Tentunya, beban tarif komunikasi ini bisa melebihi konsumsi kebutuhan sehari-hari.

Tak hanya itu, Sukamta juga berharap pemerintah untuk menyediakan internet gratis bagi masyarakat khususnya pelajar, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan pekerja ojek online (ojol) melalui skema tertentu.

Di kesempatan yang sama, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI tersebut mengapresiasi langkah operator seluler yang telah memberikan akses gratis terhadap situs web atau aplikasi belajar tertentu.

“Tapi lebih bagus kasih general, tarifnya diturunkan agar beban rakyat berkurang," tandas Sukamta.

Menanggapi usulan pemangkasan tarif internet itu, Direktur Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, sebagai pelaku bisnis, operator tentu mengejar keuntungan dan tidak lupa membantu masyarakat.

"Agar bisa untung sekaligus membantu masyarakat, yang kami lakukan, kami tidak menurunkan tarif secara keseluruhan, tetapi subsidi silang. Misalnya, akses ke situs belajar tertentu kami berikan 0 rating (digratiskan). Untuk konten belajar, tarifnya diturunkan," katanya.

Setyanto menambahkan, subsidi silang ini bertujuan agar subsidi diberikan kepada sasaran yang tepat seperti pelajar dan mahasiswa.



Sumber: BeritaSatu.com