Angka Kesembuhan Kasus Covid-19 di Sumut Lebih Tinggi dari Kematian

Angka Kesembuhan Kasus Covid-19 di Sumut Lebih Tinggi dari Kematian
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / JEM Minggu, 5 Juli 2020 | 11:36 WIB

Medan, Beritasatu.com - Penanganan pasien positif Covid-19 oleh tenaga medis di Sumatera Utara (Sumut), membawa hasil positif. Dari 1.767 pasien positif yang dirawat pada 24 rumah sakit di daerah itu, persentase kesembuhan lebih dari 400 persen dari angka kematian, atau di atas 40 persen berdasarkan jumlah pasien yang sedang ditangani, sebanyak 1.767 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan mengatakan, kasus Covid-19 yang berhasil disembuhkan sebanyak 458 orang dari jumlah pasien positif dan pasien meninggal dunia ada 104 orang. Pasien aktif yang menjalani perawatan 1.205 orang dan isolasi mandiri sebanyak 720 orang di daerah tersebut.

"Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan angka kesembuhan dengan memberikan pelayanan kesehatan pada pasien sesuai dengan pedoman penanganan Covid-19 secara holistik, baik secara fisik maupun psikis, melalui terapi obat-obatan, asupan nutrisi," ujar Whiko Irwan kepada Beritasatu.com di Medan, Minggu (5/7/2020).

Upaya lain yang dilakukan tenaga medis dalam meningkatkan angka kesembuhan, sambung Whiko, dengan memberikan konseling psikologi untuk pasien dan keluarga, menyiapkan fasilitas pendukung Intensive Care Unit (ICU) dan ventilator untuk pasien dengan gejala berat dan gagal nafas, yang dalam kondisi berat saat masuk rumah sakit.

Secara keseluruhan, Pemerintah Provinsi Sumut menyiapkan 1.537 kamar untuk menangani pasien positif corona. Sehingga, sejumlah rumah sakit milik pemerintah dan dibantu rumah sakit milik swasta, termasuk rumah sakit rujukan khusus penanganan Covid-19 di Medan, untuk sementara ini masih bisa menampung pasien tersebut.

"Hal yang dikhawatirkan selama belum ada ditemukan vaksin untuk penanganan kasus ini maka angka penderita Covid-19 terus meningkat. Kondisi ini akan membuat rumah sakit akan penuh. Untuk itu angka penularannya harus semakin ditekan dengan melaksanakan protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Gunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan," sebutnya.

Adapun rumah sakit di Sumut yang menangani pasien Covid-19 sesuai laporan dari Pemmprov Sumut yakni, RSU Bunda Thamrin, RS Martha Friska, RS GL Tobing, RS Columbia Asia, RS Elisabeth, RSUP Haji Adam Malik, RSUD Perdagangan, RSU Murni Teguh, RSU Pirngadi, RSU Siloam, RS Rondahalim Simalungun, RS Parapat dan RS Sultan Sulaiman.

Kemudian, RSUD Padang Sidimpuan, RSUD Kumpulan Pane Tebing, RSU Advent Medan, Rumkit Putri Hijau, RS USU, RSUD Sibuhuan, RSU Sari Mutiara Medan, RS Citra Medika, RS Sinar Husni, RSUD Djasamen Saragih dan RS Pertamina Pangkalan Brandan. 



Sumber: BeritaSatu.com