Ruang Isolasi Covid-19 di DIY Hanya dipakai 69 Pasien

Ruang Isolasi Covid-19 di DIY Hanya dipakai 69 Pasien
Pasien Covid-19 menjalani perawatan. (Foto: AFP)
Fuska Sani Evani / JAS Minggu, 5 Juli 2020 | 18:18 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Jumlah tempat tidur (bed) isolasi pasien Covid-19 di DI Yogyakarta mencapai 323, sedangkan pasien yang masih dirawat atau positif, sampai Minggu (5/7/2020) yakni 69 orang, Dengan demikian kapasitas tempat tidur isolasi (critical dan noncritical) di seluruh RS rujukan masih 254.

Kepala Dinas Kesehatan DIY drg Pembajun Setyaningastutie menjelaskan, jumlah kematian akibat Covid-19 di DIY relatif rendah, atau delapan orang dari total jumlah pasien positif 331 kasus hingga Minggu (5/7/2020) ini. Sementara tingkat kesembuhan tinggi atau telah mencapai 85 persen, atau 276 kasus.

Tingginya persentase kesembuhan pasien Covid-19 di wilayah DIY, salah satunya karena proses screening yang cepat dan tepat. Ditambah lagi saat ini sudah ada lima laboratorium di DIY yang menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) atau swab terhadap pasien Covid-19, sehingga hasil lebih cepat diketahui.

Laborarotium itu yakni Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, RSUP Dr Sardjito RSA UGM, Balai Besar Veteriner dan terakhir adalah RSPAU dr S Hardjolukito.

Dengan adanya hasil dari laboratorium tersebut secara tidak langsung memudahkan rumah sakit (RS) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Data yang ada dalam beberapa waktu terakhir, jumlah pasien Covid-19 di DIY yang dinyatakan sembuh cukup menggembirakan. Selain screening, juga diimbangi dengan pelayanan kesehatan optimal serta tingginya kesadaran masyarakat, termasuk pasien,” kata Pembajun.

Pelaksanaan screening secara massal per wilayah untuk melacak atau melakukan tracing terhadap pasien positif. Setelah itu diimbangi dengan pelaporan kondisi wilayah (pemantauan epidemiologi) secara bertahap dan kontinu.

Selaian itu, Pemda DIY juga memperbanyak jumlah sumber daya manusia (SDM) tenaga medis yang mampu melakukan pemeriksaan spesimen di laboratorium dengan dalam mendeteksi Covid-19.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji menegaskan, pelaksanaan tes usap (swab) massal di DIY saat ini tengah diintensifkan untuk mempercepat pemetaan penyebaran Covid-19.

“Meski telah didukung dengan lima laboratorium tes Covid-19 yang memadai, namun belum diimbangi dengan jumlah tenaga medis yang mampu melakukan uji swab. Karena itu, DIY melakukan pelatihan SDM khusus uji lab, soal reagen dan kapasitas laboratorium tidak ada masalah,” katanya.

Ia berharap dengan meningkatnya jumlah tenaga kesehatan yang mampu menggunakan metode PCR, intensitas pelaksanaan uji swab di DIY bisa semakin ditingkatkan pula.

Aji mengatakan ratusan tenaga medis yang berasal dari Puskesmas dan laboratorium kesehatan daerah (labkesda) di DIY telah mengikuti pelatihan dan saat ini sedang menjalani uji coba pemeriksaan swab di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Gugus Tugas Covid-19 DIY melaporkan hasil pemeriksaan laboratorium dari 216 sampel (174 orang), terkonfirmasi positif pada hari ini Minggu (5/7/2020) sebanyak 6 kasus (total kasus positif Covid-19 331 kasus).

Kasus 328, laki laki (55) warga Sleman dengan riwayat perjalanan dari Makasar, kasus 329: perempuan (61) warga Gunungkidul, merupakan hasil screening, Kasus 330: perempuan (65) warga Bantul, Kasus 331: perempuan (70) warga Bantul yang terkonfirmasi positif karena kontak dengan pasien positif (kasus 314), Kasus 332: Perempuan (29) warga Kota Yogya juga karena kontak dengan pasien positif dari Jepara, Kasus 333: laki laki (32) warga Gunungkidul yang merupakan hasil tracing Dinkes Gunungkidul.

Sedang laporan kesembuhan kasus positif pada hari ini satu (1) orang, tambahan kasus sembuh total kasus sembuh di DIY menjadi 276 kasus.

Total pasien dalam pengawasan (PDP) di DIY mencapai 1.895, 69 orang masih dirawat sedang pemeriksaan spesimen negatif mencapai 1.463, 101 masih dalam proses (meninggal 24), dan orang dalam pantauan (ODP) di DIY mencapai 7.797. 



Sumber: BeritaSatu.com