Jenazah Pasien Covid-19 Dibawa Kabur Keluarga di Medan

Jenazah Pasien Covid-19 Dibawa Kabur Keluarga di Medan
Ilustrasi pasien yang diduga terinfeksi virus "corona". (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / YUD Minggu, 5 Juli 2020 | 18:47 WIB

Medan, Beritasatu.com - Jenazah pasien terkait Covid-19 dibawa kabur oleh keluarganya dengan menggunakan mobil pribadi dari Rumah Sakit Umum (RSUP) Pirngadi Medan.

Kasubag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan Edison Peranginangin mengatakan, jenazah pasien dibawa kabur setelah diturunkan dari mobil ambulans.

"Alasan pihak keluarga mau disalatkan dulu sebelum dibawa. Jenazah diangkat dari dalam ambulans dan keluarga langsung pindahkan ke mobil," ujar Edison, Minggu (5/7/2020).

Edison mengatakan, sebelum meninggal dunia, pasien itu berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Covid-19. Beberapa hari dirawat, pasien itu meninggal dunia.

"Pasien itu masuk rumah sakit, Jumat (3/7/2020). Penyakitnya menyerupai terpapar virus corona. Setelah meninggal dilakukan pemulasaran sesuai prosedur," jelasnya.

Ditambahkan, pihak medis sudah mengirimkan sampel dari pasien ke Laboratorium Rumah Sakit USU sebelum meninggal dunia.

"Hasilnya belum keluar maka statusnya masih kategori PDP. Kita menyesalkan kejadian ini, apalagi jika hasil penelitian dinyatakan positif Covid-19. Sulit untuk dibayangkan," sebutnya.

Menurutnya, jenazah pasien PDP yang meninggal dunia dan dibawa kabur oleh keluarganya ke Belawan. Kasus ini sudah dilaporkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.



Sumber: BeritaSatu.com