Kabar Gembira, Pasien Sembuh Covid-19 Bertambah Lagi di Sumut

Kabar Gembira, Pasien Sembuh Covid-19 Bertambah Lagi di Sumut
Ilustrasi pemeriksaan pasien yang diduga terinfeksi Covid-19. (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / RSAT Minggu, 5 Juli 2020 | 21:09 WIB

Medan, Beritasatu.com - Jumlah pasien positif Covid-19 mengalami penambahan sebanyak 11 orang menjadi 1.778 orang dari sehari sebelumnya sebanyak 1.767 orang. Pasien sembuh juga bertambah 19 orang menjadi 477 orang dari hari sebelumnya 458 orang.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19, Whiko Irwan menyampaikan, untuk pasien positif corona yang meninggal dunia masih tetap sebanyak 104 orang. Berbeda dengan angka kesembuhan, dalam sehari tidak ada penambahan pasien meninggal dunia.

"Saat ini, ada sebanyak 1.197 orang pasien positif Covid-19 tengah menjalani perawatan. Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat 244 orang, dan orang dalam pemantauan (ODP) 1.564 orang," ujar Whiko Irwan, Minggu (5/7/2020) malam.

Whiko mengatakan, penambahan pasien positif Covid-19 seiring keluarnya hasil pemeriksaan melalui laboratorium di Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) atas pasien yang menjalani perawatan dan rapid test secara masif.

"Kita optimistis untuk bisa menekan angka kematian atas penanganan pasien positif Covid-19. Tenaga medis juga terus bersemangat melaksanakan tugasnya mengingat jumlah kesembuhan pasien semakin tinggi," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Whiko kembali mengingatkan masyarakat supaya tetap meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 tersebut.

"Masyarakat harus menggunakan masker saat berada di luar rumah, mengambil jarak, rajin mencuci tangan menggunakan air sabun dan tidak melakukan kerumunan. Bila ini dilaksanakan dengan baik maka dapat terhindar dari penularan," sebutnya.



Sumber: BeritaSatu.com