22 Penumpang KM Kasih 25 Berhasil Dievakuasi, 2 Meninggal dan 6 Masih Dicari

22 Penumpang KM Kasih 25 Berhasil Dievakuasi, 2 Meninggal dan 6 Masih Dicari
Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Istimewa)
Yoseph A Kelen / JEM Senin, 6 Juli 2020 | 13:10 WIB

Kupang, Beritasatu.com – Tim Search and Rescue (SAR) Kupang berhasil mengevakuasi 22 orang penumpang Kapal Motor (KM) Kasih 25 yang tenggelam di Selat Pukuafu antara Kupang dan Pulau Rote, NTT, Minggu (5/7/). Kapal nahas itu mengangkut 28 orang penumpang, dan enam penumpang lainnya masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Kapala SAR Kupang Emy Freezer mengungkapkan, dari total penumpang kapal sebanyak 28 orang, terdiri dari 12 orang anak buah kapal (ABK) dan 16 orang lainnya adalah penumpang kapal.

“Dari 28 orang itu, sebanyak 22 orang sudah berhasil dievakusi di mana 2 orang meninggal dunia, dan 20 lainnya selamat,” kata Emy Freezer, Senin (6/7/2020).

Dijelaskan, tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, Pol Air Polda NTT, dan TNI AL, masih melanjutkan pencarian terhadap enam orang penumpang lainnya yang belum berhasil ditemukan.

Pencarian difokuskan di perairan Pukuafu di Selat Rote, Nusa Tenggara Timur. “Pencarian juga dibantu KN SAR Antareja 233 yang siaga di Pukuafu dibantu kapal karet dari Rote untuk melakukan pencarian punumpang,” kata Emmy Freezer.

Kapal Motor Kasih 25 tenggelam di perairan Pukuafu antara Kupang dan Pulau Rote, NTT, Minggu (5/7/2020), sekitar pukul 14.05 Wita.

Kapal tersebut dalam pelayaran dari Desa Tablolong menuju Kabupaten Rote Ndao, dihantam ombak besar disertai angin kencang sehingga membuat kapal tersebut tenggelam.



Sumber: BeritaSatu.com