Anggaran Pariwisata Diminta Garap Pasar Domestik

Anggaran Pariwisata Diminta Garap Pasar Domestik
Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan. (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Senin, 6 Juli 2020 | 15:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menurut Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan, anggaran sektor pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) perlu menggarap wisatawan pasar domestik atau wisatawan nusantara (wisnus). Sebab, wisnus adalah target paling realistis dalam membangkitkan kembali pariwisata nasional yang terdampak Covid-19.

Hal ini disampaikan Putra ketika mengikuti rapat kerja bersama Menparekraf Wishnutama Kusubandio di Jakarta, Jumat (3/7/2020).

"Kami minta agar ada peningkatan alokasi anggaran Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, serta Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif. Begitu juga kami minta alokasi anggaran pada Deputi Pemasaran dan Produk Wisata dan juga penyelenggara event, agar lebih banyak dimanfaatkan untuk menggarap pasar domestik dan penggunaan konten lokal," tutur politisi PDI Perjuangan ini.

Putra pun mengapresiasi Wishnutama yang telah memberikan perhatian lebih pada pariwisata nasional. Kemparekraf disebut sangat memperhatikan pembangunan sektor pariwisata yang nyaris lumpuh akibat pandemi Covid-19. 

Perhatian ini, lanjut Putra, tidak hanya pada pelaku pariwisata daerah, tetapi juga bagi tenaga medis yang bekerja di lokasi wisata untuk melayani wisatawan.

Legislator dapil DKI Jakarta I tersebut juga mengapresiasi inisiatif Kemparekraf yang telah mempersiapkan 285.000 masker bagi para wisatawan.

"Kemparekraf sudah membuat 285.000 kain. Artinya, ini sudah menggerakkan ekonomi kreatif yang mungkin pabriknya tutup atau mereka tidak dapat pekerjaan dan lain-lain," pungkas Putra.



Sumber: BeritaSatu.com