Pemandu Wisata di Papua Barat Belajar Beternak Secara Daring

Pemandu Wisata di Papua Barat Belajar Beternak Secara Daring
Pekerja memberikan pakan ternak ayam potong. (Foto: Antara / Syifa Yulinnas)
/ HS Selasa, 7 Juli 2020 | 07:50 WIB

Sorong, Beritasatu.com - Pemandu wisata yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Papua Barat belajar beternak sebagai alternatif usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup pada masa pandemi Covid-19.

Pelatihan yang dilakukan secara daring di Sorong, Senin (6/7/2020), menghadirkan tiga pembicara, yakni Juli Nursandi selaku Dosen Politeknik Negeri Lampung, Dosen Fakultas Peternakan Universitas Papua Abdul Rahman Ollong, dan Ketua DPC HPI Kabupaten Belitung Erling Rinanto.

Dosen Politeknik Negeri Lampung Juli Nursandi mengajarkan pemandu HPI Papua Barat cara sederhana beternak ikan air tawar sebagai alternatif usaha guna memenuhi kebutuhan hidup pada masa pandemi Covid-19.

Dia mengajarkan pemandu HPI Papua Barat memanfaatkan lahan sempit pekarangan rumah untuk beternak ikan, terutama lele, dengan menggunakan ember plastik seperti yang telah dilakukannya selama ini.
Juli juga mengajarkan pemandu untuk menanam kangkung di atas ember yang digunakan untuk ternak lele, serta membuat pakan ikan, terutama lele, dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan tidak membutuhkan biaya yang tinggi.

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Papua Abdul Rahman Ollong mengajarkan kepada HPI setempat cara beternak ayam kampung sebagai alternatif usaha guna memenuhi kebutuhan hidup pada masa pandemi Covid-19.
Ia juga mengajarkan pemandu wisata membuat jamu dari bahan sederhana yang mudah didapat untuk diberikan kepada ternak ayam agar tidak mudah diserang penyakit.

Ketua DPC HPI Kabupaten Belitung Erling Rinanto menceritakan kisah dirinya sebagai seorang pemandu wisata dan beternak ayam guna memotivasi pemandu wisata di Provinsi Papua Barat mendapatkan usaha alternatif guna memenuhi kebutuhan hidup pada masa pandemi.

Ketua DPD HPI Papua Barat Matias Rumbruren mengucapkan terima kasih kepada ketiga pemateri yang telah menyampaikan materi untuk membantu pemandu wisata di Provinsi Papua Barat mengembangkan usaha ekonomi.
Dia mengucapkan terima kasih pula kepada segenap pengurus HPI yang menggagas pelatihan beternak secara daring bagi seluruh anggota HPI yang tersebar di Provinsi Papua Barat.

Dia mengharapkan materi tersebut dapat diimplementasikan oleh anggota HPI Papua Barat untuk menghasilkan produk pertanian yang dapat memenuhi kebutuhan hidup pada masa pandemi Covid-19.



Sumber: ANTARA