Fasilitas Kesehatan Covid-19 di Bengkulu Hanya Terisi 35 Persen

Fasilitas Kesehatan Covid-19 di Bengkulu Hanya Terisi 35 Persen
RS Harapan dan Doa Bengkulu (Foto: istimewa)
Usmin / DAS Selasa, 7 Juli 2020 | 10:45 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com -Fasilitas kesehatan yang merawat pasien Covid-19 di Bengkulu hanya tersisi sekitar 35 persen.

Menurut Kepala Dinkes Bengkulu, Herwan Antoni, saat ini tempat tidur yang ada di rumah sakit rujukan Covid-19 di Bengkulu sekitar 65 persen tdak terisi kerena jumlah kasus di daerah ini sudah melandai.

Berdasarkan SK Gubernur Bengkulu, rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Bengkulu adalah RSU Yunus Bengkulu, RSU Arga Makmur, dan RSU Hasanudin Damra, Bengkulu Selatan, selain RSHD Kota Bengkulu.

Setiap RSU telah menyiapkan tempat tidur masing-masing 15-20 unit kecuali RSU Yunus Bengkulu sebanyak 40 unit.Terdapat sekitar 90 bed di Bengkulu. Hingga Senin (6/6/2020) tercatat jumlah kumulatif kasus positif mencapai 141 sedangkan 95 di antaranya sembuh dan 13 meninggal. Dengan demikian kasus aktif mencapai 33. Dengan asumsi semua dirawat di RS, maka jumlah tersebut hanya sekitar 35 persen dari jumlah tempat tidur perawatan yang tersedia. 

Direktur Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu, Lista Cherlyviera mengatakan, saat ini pihaknya merawat lima pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

"Sekarang ada lima yang dirawat sedangkan pasien Covid-19 tidak ada lagi karena yang kita rawat sebelumnya sudah sembuh," kata Lista, Senin (6/7/2020).

Pihak RSHD Kota Bengkulu, selama ini menyiapkan 15 tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19. Dengan demikian hanya sepertiganya yang terisi. Tempat tidur yang kosong  tetap tidak diisi oleh pasien umum. Hal itu dilakukan  untuk mengantisipasi bila tiba-tiba terjadi lonjakan pasien Covid-19 di Kota Bengkulu.

 



Sumber: BeritaSatu.com