Pemerintah Tidak Gelar Seleksi CPNS Tahun Ini

Pemerintah Tidak Gelar Seleksi CPNS Tahun Ini
Ilustrasi tes calon pegawai negeri sipil. (Foto: Antara)
Carlos KY Paath / WM Selasa, 7 Juli 2020 | 13:22 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah tidak akan menggelar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2020. Seleksi direncanakan dibuka kembali pada 2021.

“Tahun 2020 tidak ada penerimaan ujian CPNS. Kemungkinan baru dibuka CPNS tahun 2021,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, Selasa (7/7/2020).

Tjahjo menjelaskan, belum tuntasnya rekrutmen CPNS 2019 menjadi pertimbangan tidak digelarnya seleksi pada 2020. Tjahjo mengungkap proses penerimaan CPNS 2019 terhenti setelah seleksi kompetensi dasar (SKD).

Tahap selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB) tidak dapat dilaksanakan akibat pandemi Covid-19. “Penerimaan CPNS tahun 2019 belum selesai semua, karena ujian wawancara dan lain-lain ditunda sebagai dampak Covid-19,” ujar Tjahjo.

Menurut Tjahjo, kerja birorkasi pemerintahan tidak berdampak signifikan menyusul batalnya seleksi. Tjahjo menegaskan formasi rekrutmen CPNS 2019 masih mencukupi.

Tjahjo juga belum dapat memastikan formasi yang dibuka pada 2021. “Alokasi belum bisa ditentukan. Melihat kebutuhan dan ketersediaan anggaran,” ucap mantan menteri dalam negeri tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, SKB CPNS 2019 dilaksanakan pada Agustus 2020. Bima memastikan proses seleksi SKB mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bima menambahkan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2019 secara intens berkonsultasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pusat dan daerah.

“Panselnas akan tetapkan lokasi ujian yang meminimalisir pergerakan peserta, karena potensi pergerakan peserta kemungkinan bisa lintas kabupaten/kota, provinsi, atau bahkan harus ke Jakarta,” kata Bima.



Sumber: BeritaSatu.com