Gempa M 5,4 Guncang Lebak, Tak Timbulkan Korban

Gempa M 5,4 Guncang Lebak, Tak Timbulkan Korban
Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,4 mengguncang wilayah Kabupaten Lebak dan sekitarnya pada Selasa, 7 Juli 2020 sekitar pukul 11.40.14 WIB. (Foto: Istimewa)
Laurens Dami / JEM Rabu, 8 Juli 2020 | 10:52 WIB

Serang, Beritasatu.com - Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,4 yang mengguncang wilayah Lebak, Provinsi Banten, Selasa (7/7/2020), tidak menimbulkan tsunami tersebut, dan  tidak menyebabkan jatuhnya korban jiwa.

Berdasarkan hasil rekaman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa tersebut terletak di 18 kilometer (km) Barat Daya, Rangkasbitung, Lebak, Banten, 6.69 Lintang Selatan (LS)-106.14 Bujur Timur (BT). Gempa berada di kedalaman 82 kilometer (km).

Gempa yang terjadi  pukul 11:40:14 WIB tersebut tidak hanya terasa di wilayah Lebak, tetapi juga di Pandeglang, Serang, bahkan hingga ke wilayah Tangerang Raya.

Ari Darmayanti, salah seorang aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mengatakan, para ASN yang bekerja di kantor-kantor Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug, Kota Serang berhamburan lari keluar ketika gempa itu terjadi.

“Saya sendiri memang tidak merasakan adanya gempa tersebut, karena saya sedang menyetir. Namun, kata teman saya yang berada di kantor pada saat gempa terjadi, mereka semua berhamburan keluar dari gedung untuk menyelamatkan diri,” ujar Ari.

Sementara, Yasril, warga Rangkasbitung Lebak, mengaku getaran gempa terasa sangat kencang. “Saya secara spontan lari keluar dari rumah pada saat gempa terjadi. Saya menunggu beberapa jam, baru berani masuk ke dalam rumah kembali karena takut terjadi gempa susulan,” ujarnya.

Ibu Endang Tejowati, yang bekerja di kawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Puspiptek, Serpong, Kota Tangerang Selatan juga mengaku merasakan getaran gempa tersebut.

“Getarannya terasa, tetapi tidak terlalu kencang,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Kaprawi membenarkan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,4 SR. Lokasi gempa di barat daya Rangkasbitung dengan kedalaman 82 kilometer. Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada potensi terjadi gempa susulan.

“Belum ada laporan korban jiwa. Kami masih menginventarisasi data kemungkinan adanya rumah yang terdampak gempa bumi. Kita berharap tidak ada dampak yang signifikan dari gempa tersebut,” ujarnya.  



Sumber: BeritaSatu.com