Beri Arahan kepada Capaja TNI/Polri, Jokowi: Kejahatan Semakin Canggih

Beri Arahan kepada Capaja TNI/Polri, Jokowi: Kejahatan Semakin Canggih
Presiden Jokowi. (Foto: istimewa)
Lennny Tristia Tambun / AO Rabu, 8 Juli 2020 | 12:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada calon perwira remaja (capaja) TNI dan Polri yang dilantik hari ini, Rabu (8/7/2020). Salah satu arahannya adalah para capaja TNI dan Polri tidak bisa lagi bekerja secara monoton dan memiliki kemampuan yang standar, karena kejahatan yang dihadapi perwira TNI dan Polri sudah semakin berat dan canggih.

“Tantangan kejahatan yang dihadapi oleh perwira kepolisian juga sangat berat. Kejahatan menggunakan teknologi canggih dan kejahatan siber yang lintasnegara juga memerlukan kemampuan dan mitigasi lebih baik,” kata Jokowi yang menyampaikan arahan secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/7/2020).

Oleh karena itu, Jokowi menegaskan seluruh capaja TNI dan Polri wajib untuk terus belajar, baik secara mandiri maupun melalui institusi. Saat ini sudah tidak bisa lagi TNI dan Polri berpikir dengan cara biasa-biasa saja. Juga tidak bisa lagi menggunakan cara bekerja yang monoton dan dengan kemampuan yang standar-standar saja.

“Saudara-saudara wajib untuk terus belajar, belajar sendiri maupun belajar melalui institusi. Kita tidak bisa lagi berpikir dengan cara biasa-biasa saja, tidak bisa lagi menggunakan cara bekerja yang monoton, tidak bisa lagi dengan kemampuan yang standar-standar saja,” ujar Jokowi.

Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu optimistis para capaja TNI dan Polri akan mampu bersaing dengan kemajuan teknologi saat ini. Mereka telah ditempa selama empat tahun dengan kedisiplinan tinggi, keahlian dan keterampilan yang mumpuni, serta karakter kepemimpinan yang kokoh tiada banding.

“Saya tahu, untuk bisa lolos dan lulus dari tempaan itu tidak mudah, tidak mudah. Bahkan, sangat-sangat sulit. Saudara-saudara adalah generasi pemuda terpilih, calon pemimpin masa depan dalam menghadapi persaingan dunia yang semakin ketat. Saya yakin, saudara-saudara sangat siap menghadapi tantangan-tantangan itu,” tegasnya.

Maka dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga menyampaikan selamat kepada para capaja TNI dan Polri yang akan dilantik menjadi perwira remaja TNI dan Polri.

“Oleh karena itu, atas nama pribadi, atas nama rakyat, atas nama bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat kepada saudara-saudara calon perwira remaja TNI dan Polri, atas capaian yang telah diraih, atas prestasi yang dicapai, dan yang akan dilantik menjadi perwira remaja TNI dan Polri,” ucap Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com