Gempa Magnitudo 5 Guncang Nias

Gempa Magnitudo 5 Guncang Nias
Ilustrasi Gempa Nias. (Foto: BMKG)
Arnold H Sianturi / JAS Rabu, 8 Juli 2020 | 13:29 WIB

Medan, Beritasatu.com - Gempa tektonik dengan magnitudo 5 mengguncang Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (8/7/2020) sekitar pukul 11.03 WIB. Gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono menyampaikan, pusat gempa berada di laut berjarak 47 Kilometer (Km) arah Barat Daya Kota Lotu, Nias Utara.

"Episentrum gempa terletak pada koordinat 1,27 LU dan 96,97 BT. Dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrumnya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal," ujar Rahmad, Rabu (8/7/2020).

Rahmad mengatakan, gempa terjadi akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault). Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Nias Utara dan Gunung Sitoli pada skala III MMI.

"Artinya, getaran dirasakan nyata dalam rumah, seperti getaran seakan ada truk berlalu. Kemudian, gempa di Kabupate Nias skala II MMI, artinya hanya dirasakan beberapa orang," jelasnya.

Hadirat Gea (48), salah seorang warga Nias Utara, menyampaikan gempa yang terjadi membuat masyarakat berhamburan ke luar rumah. Masyarakat menyelamatkan diri ke arah tanah lapangan yang kosong.

"Getarannya lumayan kuat namun tidak lama. Masyarakat di sini berlari ke tanah lapang karena sudah pengalaman dari peristiwa gempa jauh hari sebelumnya. Namun, gempa ini tetap mengundang kehebohan," sebutnya.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa akibat gempa yang terjadi. Hadirat juga mengaku tidak nelihat kerusakan rumah. Masyarakat kembali ke rumah setelah getaran gempa tidak dirasakan lagi.



Sumber: BeritaSatu.com