Wapres: Sekolah di Luar Zona Hijau Belum Boleh Dibuka

Wapres: Sekolah di Luar Zona Hijau Belum Boleh Dibuka
Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Sekolah SMAN 4 Kota Sukabumi,Jawa Barat, Rabu, 8 Juli 2020. (Foto: Suara Pembaruan/Fatima Bona)
Maria Fatima Bona / CAH Rabu, 8 Juli 2020 | 15:54 WIB

Sukabumi, Beritasatu.com - Untuk memastikan sekolah zona hijau siap dibuka, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan(Mendikbud) Nadiem Makarim, Menteri Agama(Menag) Fachrul Razi, Gubernur Jawa Barat( Jabar) Ridwan Kamil meninjau langsung sekolah menengah atas (SMA) Negeri 4, Kota Sukabumi, Jawa Barat (8/7/2020).

Ma'ruf mengatakan, sejak pandemi Covid-19, kegiatan sekolah dihentikan dan siswa belajar dari rumah. Disadari Ma'ruf hal ini tentunya dihadapkan pada banyak kendala yang membuat kegiatan pembelajaran tidak optimal. Untuk itu, bagi sekolah yang berada di zona hijau dapat dibuka kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Saya melihat di sini (SMAN 4 Kota Sukabumi) yang semula diizinkan buka dua shift menjadi lebih tiga shift, lebih hati-hati. Yang luar zona hijau belum boleh ikut belajar di kelas. Ini artinya ada kehati-hatian,” kata Ma’ruf saat Tinjau Sekolah SMAN 4 Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Kunjungan Kerja, Wapres Sambangi Tiga Titik di Kota Sukabumi

Ma'ruf menyebutkan, SMAN 4 Kota Sukabumi ini telah mengembangkan inovasi untuk meningkatkan protokol kesehatan, seperti selain masker dan mereka juga mengadakan box sebagai pembatas antar siswa.

Untuk itu, Ma'ruf berharap model persiapan yang dilakukan SMAN 4 Kota Sukabumi menjadi contoh dari daerah lain yang tentu ingin membuka sekolahnya di daerah hijau. Seperti diketahui data terakhir ada kurang lebih 100 kota/kabupaten yang masih zona hijau. 

Baca Juga: Lokasi Ujian di Zona Merah, Peserta UTBK Direlokasi ke Tahap Dua

Selanjutnya, Ma'ruf berharap, ada inovasi-inovasi yang dilakukan oleh sekolah dan pemerintah daerah(pemda) agar pendidikan dibuka di daerah hijau dengan tetap menjaga kesehatan. Dalam hal ini, protokol kesehatan tetap dipelihara

Inovasi ini, kata Ma’ruf untuk mencegah penularan. Pasalnya, pandemi ini belum berhenti dan belum dapat dipastikan. “Kita mengawal dan menjaga, bagaimana tidak terjadi. Seperti yang disampaikan oleh pemerintah tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan juga menjaga imunitas tubuh, supaya tidak tertular,” ujarnya.

Pada kesempatan sama, Ma'ruf juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang dapat mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah Jabar seperti Kota Sukabumi yang saat ini masuk sebagai zona hijau. Pasalnya tidak mudah mengendalikan penyebaran pada masa transisi new normal ini. Dalam hal ini, ia berharap, Kota Sukabumi bisa mempertahankan kondisi saat ini.

 



Sumber: BeritaSatu.com