Anak Pendamping Desa Jadi Lulusan Terbaik Akpol

Anak Pendamping Desa Jadi Lulusan Terbaik Akpol
Pendamping desa teknik infrastruktur Nur Umami Diana bersama putranya Ivan Pradipta. (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 8 Juli 2020 | 20:49 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengucapkan selamat kepada pendamping desa teknik infrastruktur Nur Umami Diana.

Sebab, perempuan ini berhasil mengantarkan putranya Ivan Pradipta sebagai lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang dengan meraih bintang Adhi Makayasa.

"Kisah Ibu Diana bisa menginspirasi kita semua bahwa dengan profesi apapun asal kita bekerja keras dan ikhlas. Insya Allah akan memberi hasil yang baik," ungkap Mendes Abdul Halim pada keterangannya, Rabu (8/7/2020).Sosok yang akrab disapa Gus Menteri ini mengaku senang program Kemdes PDTT dapat memberikan efek positif bagi Diana. Ia pun mendorong pendamping desa lainnya untuk bekerja keras dalam memberdayakan desa beserta warganya.

"Ini merupakan bagian dan ikhtiar dan berkhidmat kita kepada desa," kata Gus Menteri.

Sejak tahun 2016, Diana sudah mulai bergabung sebagai pendamping desa teknik infrastruktur yang merupakan bagian dari Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3MD) Kemdes PDTT. Hingga saat ini, ia ditugaskan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Diana juga terus melakukan pemberdayaan masyarakat dengan harapan dapat menghasilkan kader-kader teknik infrastruktur di desa. Ia pun ditugaskan memfasilitasi stakeholder desa dalam setiap tahapan kegiatan pembangunan desa baik proses perencanaan, pelaksanaan hingga tahap pertanggung jawaban.

Adapun program pendampingan desa dimandatkan sejak tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo "Jokowii" kepada Kemdes PDTT di tahun 2015. Pendampingan ini berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan desa, kerjasama desa, pengembangan badan usaha milik desa (BUMDes) dalam rangka pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dengan ini, desa yang maju, mandiri dan sejahtera dapat tercipatakan.

 



Sumber: BeritaSatu.com