5 Kabupaten di Bengkulu Berstatus Zona Hijau Covid-19

5 Kabupaten di Bengkulu Berstatus Zona Hijau Covid-19
Suasana di pusat perbelanjaan Bencoolen Mall, Bengkulu, Senin (11/5/2020). (Foto: Antara / David Muharmansyah)
Usmin / JEM Kamis, 9 Juli 2020 | 12:57 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menetapkan dua kabupaten di Provinsi Bengkulu, yakni Bengkulu Selatan dan Kaur telah berubah status dari zona merah menjadi zona hijau atau sudah bebes dari penularan Covid-19.

Dengan demikian, ada lima dari 10 kabupaten dan kota di Bengkulu, saat ini berstatus zona hijau penyebaran Covid-19. Kelima kabupaten itu, yakni Bengkulu Selatan, Seluma, Mukomuko, Kaur, dan Kabupaten Lebong.

"Khusus Kabupaten Lebong sejak muncul kasus corona di Tanah Air, termasuk di Bengkulu, tidak ada satupun kasus positif Covid-19 di daerah ini. Sedangkan 4 kabupaten lainnya yang dinyatakan zona hijau sebelumnya ditemukan kasus positif Covid-19," kata Kepala Dinkes Bengkulu, Herwan Antoni, di Bengkulu, Kamis (9/7/2020).

Ia mengatakan, ditetapkan Bengkulu Selatan dan Kaur sebagai zona hijau Covid-19 oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Pusat, karena sejak 4 minggu ini tidak ada kasus baru positif virus corona di dua kabupaten tersebut.

"Kita bersyukur jumlah kabupaten menjadi zona hijau Covid-19 di Bengkulu, terus bertambah dari 3 sebelumnya kini menjadi 5 kabupaten. Kita berharap kabupaten dan kota lainnya di Bengkulu, segera menyusul menjadi zona hijau penyebaran virus mematikan tersebut," ujarnya.

Sedangkan 5 kabupaten lainnya, yakni Bengkulu Utara, Kepahiang, Rejang Lebong, Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah, saat ini masih berstatus zona orange dan zona merah Covid-19. Hal ini terjadi karena di lima kabupaten ini masih ada kasus baru positif Covid-19, seperti Kota Bengkulu pada Rabu (8/7) bertambah 7 kasus positif virus corona.

Total kasus positif di Kota Bengkulu tercatat sebanyak 112 orang, sembuh sebanyak 67 orang, meninggal dunia sebanyak 11 orang, pasien dalam perawatan baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri sebanyak 34 orang.

Kasus positif di Kabupaten Kepahiang tercatat sebanyak 8 orang, 4 orang dinyatakan sembuh, 1 orang meninggal dunia dan 3 orang lagi masih dalam perawatan di rumah sakit dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sedangkan 5 kabupaten yang dinyatakan zona hijau penyebaran virus corona di Bengkulu, yakni Mukomuko hanya satu positif dan satu sembuh, meninggal dunia, perawatan dan isolasi mandiri nihil, Kabupaten Lebong sama sekali nihil, Kabupaten Seluma positif 3 dan sembuh 3, meninggal dunia dan perawatan nihil.

Selanjutnya Kabupaten Bengkulu Selatan kasus positif 8 orang, sembuh 8 orang, meninggal dunia dan perawatan/pengawasan sampai kini nihil, dan Kabupaten Kaur 4 kasus positif Covid-19, 4 orang sembuh, kasus meninggal dunia dan perawaratan/isolasi mandiri nihil.

Herwan Antoni mengimbau masyarakat yang berada di zona hijau Covid-19 agar tetap mewaspadai virus tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan setiap melakukan aktivitas, seperti mencuci tangan dengan sabu, jaga jarak atau physical distancing, makai masker dan menghindari berkerumun.

"Isya allah jika masyarakat patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari dipastikan akan terhindar dari ancaman terjangkit virus corona, sehingga kasus virus mematikan ini terus melandai di Bengkulu," ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com