Rekor Penambahan Positif Covid-19, Presiden: Ini Sudah Lampu Merah

Rekor Penambahan Positif Covid-19, Presiden: Ini Sudah Lampu Merah
Presiden Joko Widodo didampingi Menhan Prabowo Subianto setibanya di bandara Tjilik Riwut untuk meninjau perkembangan Food Estate dan penanganan COVID-19, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis, 9 Juli 2020. (Foto: Istimewa)
Lenny Tristia Tambun / YUD Kamis, 9 Juli 2020 | 18:57 WIB

Palangkaraya, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan penambahan jumlah kasus positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 mencapai 2.657 kasus per hari ini, Kamis (9/7/2020), sudah menunjukkan lampu merah lagi. Artinya, laju penambahan kasus corona di Indonesia sudah dalam posisi yang berbahaya.

“Dan juga perlu saya ingatkan, ini saya kira sudah lampu merah lagi. Hari ini secara nasional, kasus positif tinggi sekali, hari ini 2.657 kasus,” kata Jokowi saat meninjau Posko Penanganan Covid-19 Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).

Menurutnya, sebaran penambahan kasus positif Covid-19 sangat tergantung pada strategi daerah mengendalikan pandemi virus corona. “Sebaran di seluruh tanah air sangat tergantung sekali kepada bagaiman daerah mengendalikannya,” ujar Jokowi.

Untuk itu, secara khusus, Jokowi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah agar dapat mengendalikan pandemi Covid-19 di wilayahnya. Meskipun angka kasus positif Covid-19 masih terbilang kecil dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Jokowi mendapatkan laporan, ada tambahan 23 kasus virus corona hari ini di Kalteng. Sehingga total jumlah kasus positif Covid-19 di Kalteng menjadi sebesar 1.093 kasus. Diantaranya dalam perawatan sebanyak 393 orang dan pasien sembuh ada 634 orang serta meninggal 66 orang.

“Memang masih pada angka yang kecil. Tetapi kalau angka yang kecil ini tidak dikendalikan dengan baik, manajemen krisis tidak dilakukan dengan tegas, rakyat tidak diajak semuanya untuk bekerja sama untuk menyelesaikan ini, hati-hati angka yang tadi saya sampaikan bisa bertambah banyak,”jelas Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Kalteng yang telah bekerja keras mengendalikan Covid-19. “Saya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas kerja keras dengan penuh dedikasi dalam mengendalikan Covid-19 yang ada di Kalteng,” tutur Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com