Polda Sumut Ingkatkan Perusahaan Tak Bakar Hutan

Polda Sumut Ingkatkan Perusahaan Tak Bakar Hutan
Pemadaman kebakaran hutan dan lahan. (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / JEM Kamis, 9 Juli 2020 | 22:58 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengingatkan masyarakat maupun perusahaan korporasi supaya tidak melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahan di tengah hutan.

Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat (Penmas) Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan mengatakan, polisi akan mengambil tindakan tegas terhadap korporasi maupun masyarakat yang melakukan pembakaran hutan.

"Seluruh polres jajaran Polda Sumut sudah mendapatkan perintah dari pimpinan untuk memantau di lapangan. Ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kebakaran hutan," ujar Nainggolan, Kamis (9/7/2020).

Nainggolan mengatakan, polisi berkoordinasi dengan TNI dan bekerjasama dengan pemerintahan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran maupun pembakaran hutan di daerah tersebut.

"Sudah ada tim yang memantau kawasan hutan di setiap kabupaten maupun kota. Tim ini langsung bekerja melakukan pemadaman jika melihat titik api. Pembentukan tim ini berjalan efektif," jelasnya.

Sejauh ini, sambung Nainggolan, belum ada kasus kebakaran hutan dan lahan di Sumut. Namun, polisi tidak akan mentolerir pihak korporasi maupun masyarakat jika melakukan pembakaran hutan.

"Tindakan membakar hutan itu merupakan pelanggaran hukum. Polisi akan mengambil tindakan tegas jika menemukan kasus ini. Tanpa pandang buluh, siapapun yang twelibat akan diproses," sebutnya.



Sumber: BeritaSatu.com