Lewat Lomba DUILAH, Menpora Terus Giatkan Senam Bersama

Lewat Lomba DUILAH, Menpora Terus Giatkan Senam Bersama
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali ketika mengikuti senam di halaman kantor Kempora di Jakarta, Jumat (10/7/2020). (Foto: Istimewa)
Jayanty Nada Shofa / JNS Jumat, 10 Juli 2020 | 20:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kembali menggelar lomba senam Duduk dan Berdiri untuk Lansia di Rumah (DUILAH) di halaman Kantor Kempora, Jakarta, Jumat (10/7/2020).

Penyelenggaraan lomba ini adalah sebagai kelanjutan imbauan Menpora kepada instansi pemerintah maupun swasta untuk berolahraga bersama di setiap Hari Krida (Jumat). Melalui lomba DUILAH, Kempora diharapkan dapat menjadi contoh bagi instansi lainnya.

"Agar instansi dan lembaga mengikuti imbauan ini, maka Kempora harus memberikan contoh. Kempora sendiri sudah minggu keempat melakukan senam kebugaran ini. Bagi kementerian/lembaga bisa melakukan senam kebugaran ini dengan variasi masing-masing," jelas Menpora Zainudin.

Baca juga: Menpora Ajak Instansi untuk Senam Bersama Setiap Jumat Pagi

Menurutnya, kegiatan olahraga bersama dapat menjaga kebugaran tubuh pegawai khususnya di tengah pandemi Covid-19.

"Menjaga kesehatan dan kebugaran itu penting. Senam adalah salah satu cara untuk mempertahankan kebugaran tetapi tetap dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan," ungkap Menpora.

Agar pegawai tidak bosan, lanjutnya, senam dapat dibuat lebih beragam. Untuk itu, Kempora menggelar lomba senam Stay at Home (SAH) dan DUILAH antar unit.

Adapun lomba DUILAH ditujukan bagi pegawai yang berusia di atas 40 tahun dan merupakan pertandingan beregu dengan jumlah anggota setiap tim sebanyak empat orang. Gerakan Senam DUILAH sesuai dengan pilihan duduk atau berdiri dan ikuti protokol kesehatan.

Tak hanya itu, Menpora berharap agar senam di hari Jumat ini tidak hanya diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga. Melainkan, ia meminta deputi lainnya untuk juga berpartisipasi sebagai panitia.

"Kalau deputi lain bisa melakukan ini, hal ini sebagai tanda bahwa kita bersama-sama membangun kantor ini, kita bersama-sama membenahi kantor ini. Berulang kali saya katakan, kantor ini adalah kantor kebanggaan kita dan kita harus memberi contoh yang baik buat birokrasi di lingkungan pemerintahan dan khususnya buat masyarakat dan stakeholder pemuda dan olahraga," tutup Menpora.



Sumber: BeritaSatu.com