Logo BeritaSatu

Survei: Mayoritas Publik Puas dengan Program Bansos

Minggu, 12 Juli 2020 | 21:34 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Hasil survei Alvara Research Center menyebutkan bahwa mayoritas publik puas dengan program bantuan sosial (bansos) pemerintah. CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan tingkat kepuasan ini menjadi sentimen positif bagi pemerintah.

“Ternyata tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dalam hal bantuan sosial cukup tinggi yakni 56,2%,” kata Hasanuddin dalam rilis survei Alvara Research Center, Minggu (12/7/2020).

Temuan lainnya, mayoritas masyarakat membutuhkan bantuan tunai dibanding sembako atau lainnya. “Sebanyak 65,6% masyarakat menginginkan bantuan tunai, sementara bantuan sembako berada di bawahnya dengan 59,8%,” ujar Hasanuddin.

Menurutnya, survei juga menunjukkan kondisi perekonomian masyarakat tertekan. Hal ini bisa dilihat dari perubahan alokasi pengeluaran. Pada 2020 ini, lanjutnya, alokasi pengeluaran kebutuhan sehari-hari turun signifikan dari sebelumnya 49,8% pada 2019 lalu, kini tinggal 38,1%.

Sementara pengeluaran untuk kebutuhan internet justru naik signifikan dari 6,1% menjadi 8,1%. “Pengeluaran kebutuhan dasar sehari-hari turun drastis, larinya ke cicilan. Pendapatan kita turun, sementara untuk kebutuhan tetap seperti cicilan tidak bisa berkurang,” katanya.

Survei tersebut dilakukan pada 22 Juni-1 Juli 2020 dengan melibatkan 1.225 responden. Metode yang digunakan yaitu Online Survey dan Mobile Assisted Phone Interview dengan wilayah survei seluruh Indonesia. Beberapa provinsi di wilayah Indonesia timur seperti Papua, Papua Barat, dan Maluku terkendala jaringan internet dan coverage, sehingga tidak masuk survei. Margin of error berkisar 2,86%.

Kepuasan publik terhadap kinerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terbilang tinggi. Indeks kepuasan publik terhadap Gugus Tugas mencapai 72,7%, disusul gubernur di masing-masing tempat tinggal responden sebesar 70%. Berikutnya bupati/wali kota 67,7%, dan terakhir pemerintah pusat 60,2%.

“Ada perbedaan antara tingkat kepuasan terhadap Gugus Tugas dan Pemerintah Pusat. Ini berarti publik melihat bahwa penanganan atas dampak dari Covid-19 tidak terlalu diapresiasi positif oleh publik. Sementara Gugus Tugas lebih pada penanganan Covid-19, dan pemerintah pusat lebih pada dampak Covid-19,” kata Hasanuddin.

Aspek kepuasan ini diukur dari beberapa parameter. Mayoritas publik mengaku puas dengan informasi protokol kesehatan mencapai 73,3%, disusul perawatan pasien Covid-19 sebesar 72,3%.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi di Kanjuruhan, PSSI Segera Investigasi

PSSI segera melakukan investigasi terkait kerusuhan yang berujung tragedi di dalam Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Gas Air Mata Dituding Penyebab Jatuhnya Korban di Kanjuruhan

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dipandang karena tembakan gas air mata di dalam Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kronologi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Usai Laga Arema FC vs Persebaya

Laga antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Kabupatan Malang, Jawa Timur Sabtu (1/10/2022) berakhir tragis. Ini kronologinya. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Rusuh Arema Vs Persebaya, Suporter Saling Baku Hantam

Kerusuhan mewarnai kekalahan Tim Arema FC saat menjamu Persebaya Surabaya dengan skor 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

BREAKING: Rusuh Arema FC Vs Persebaya, Dikabarkan Korban Jiwa Sekitar 40 Orang

Laga antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) berakhir tragis diberitakan sekitar 40 orang meninggal dunia akibat kerusuhan usai laga.

NEWS | 2 Oktober 2022

Coba Mobil Listrik, Puan: DPR Siap Terima Delegasi P-20

Ketua DPR Puan Maharani berkeliling gedung parlemen dengan mobil listrik untuk mengecek persiapan akhir penyelenggaraan P-20 yang akan digelar pekan depan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gantikan Aswanto, Ternyata Guntur Hamzah Ikuti Fit and Proper Test Kilat di DPR

Sekjen Mahkamah Konstitusi (MK) Guntur Hamzah ternyata mengikuti fit and proper test secara kilat di DPR sebelum menggantikan Aswanto sebagai hakim MK.

NEWS | 1 Oktober 2022

Bantu Perajin, DPP Nasdem Karawang Borong Ribuan Tempe

DPD Nasdem Kabupaten Karawang, Jawa Barat memborong ribuan tempe untuk dibagikan kepada masyarakat, guna membantu perajin tempe.

NEWS | 1 Oktober 2022

Emil Dardak Mengaku Tak Bisa Maju di Pilpres karena Syarat Usia Capres

Wagub Jatim yang juga politikus Partai Demokrat Emil Dardak mengaku tak bisa maju di Pilpres 2024 karena aturan soal batas usia capres. 

NEWS | 1 Oktober 2022

Wali Kota Makassar Ajak Milenial Kenal Lebih Dekat Alutsista

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengajak masyarakat khususnya generasi millenial lebih mengenal alutsista TNI.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan <em>Stunting</em>, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

Tekan Stunting, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings