Pegawai Positif Covid-19, BPJS Cabang Medan Hentikan Layanan Tatap Muka

Pegawai Positif Covid-19, BPJS Cabang Medan Hentikan Layanan Tatap Muka
Ilustrasi pasien yang diduga terinfeksi virus "corona". (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / JAS Senin, 13 Juli 2020 | 12:51 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Medan menghentikan sementara kegiatan layanan tatap muka kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (JKS) mulai 13 Juli-24 Juli 2020.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, Sari Quratul Ainy mengatakan, kantor BPJS ditutup karena ada pegawai di kantor tersebut, berdasarkan hasil pemeriksaan swab test yang dikeluarkan dari laboratorium Rumah Sakit USU, dinyatakan positif Covid-19.

"Meski layanan tatap muka dihentikan namun pelayanan secara daring (online) terhadap peserta tetap dilakukan dengan memanfaatkan kanal - kanal yang sudah disiapkan," ujar Quratul Ainy di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Senin (13/7/2020).

Quratul menyampaikan, pihaknya melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan dalam mengantisipasi penyebaran dan penularan virus corona setelah pegawai BPJS dinyatakan positif.

"Penyemprotan disinfektan di Kantor BPJS sudah dilakukan. Selain itu, petugas kesehatan juga sudah melakukan tracing terhadap orang-orang yang kontak fisik," kata Quratul. Namun, Quratul tidak menjelaskan jumlah pegawai yang positif Covid-19.

"Setelah mendapatkan informasi ini, kami menganjurkan peserta yang ingin mendapatkan pelayanan supaya menghubungi care center BPJS pada nomor 1500 400, atau menggunakan aplikasi Mobile JKS. Kira juga melayani peserta melalui WhatsApp," jelasnya.

Meski kantor layanan tatap muka dihentikan bukan berarti pegawai diliburkan. Seluruh pegawai diharuskan tetap bekerja dari rumah, khususnya pegawai wanita sedang hamil, menyusui maupun berusia di atas 50 tahun, yang rentan atas penularan virus corona



Sumber: BeritaSatu.com