DIY Belum Berani Buka Bioskop di Akhir Juli Mendatang

DIY Belum Berani Buka Bioskop di Akhir Juli Mendatang
Ilustrasi penonton menikmati film dalam bioskop (Foto: Istimewa)
Fuska Sani Evani / EAS Senin, 13 Juli 2020 | 18:40 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - Pemerintah pusat telah memutuskan bahwa bioskop diizinkan beroperasi mulai 29 Juli mendatang. Namun Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY belum bisa memutuskan, apakah akan melaksanakan arahan tersebut atau tidak.

Diungkapkan Wakil Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana, Senin (13/7/2020), meski pembukaan bioskop tersebut menjadi arahan pemerintah pusat yang akan digelar secara serentak, tetapi harus ada rambu-rambu khusus. Ia mengacu pada kewaspadaan virus Covid-19 yang berpotensi menyebar melalui udara atau airborne.

Menurutnya, pembukaan bioskop di DIY harus melalui kajian bersama gugus tugas Kabupaten dan Kota. Meski penyelenggara bioskop menerapkan sistem jaga jarak duduk, Biwara menyebutkan, organisasi kesehatan dunia (WHO) sempat mengumumkan bahwa virus dapat menular melalui udara lewat partikel kecil droplet.

Sementara, bioskop merupakan ruang tertutup dan hal ini yang masih perlu kajian dari para pakar.

"Apakah di dalam bioskop masyarakat bisa patuh untuk tetap memakai masker? Ini kan juga masih perlu diperhatikan," tegasnya.

Biwara juga memaparkan, angka pasien yang positif Covid-19 di DIY belum bisa dianggap menurun, dan cenderung meningkat. Untuk itu, kata dia, perlu protokol khusus di bioskop.

"Kami diskusikan terlebih dahulu bersama pihak pengelola, kepala Dinas Pariwisata serta gugus tugas Kabupaten/Kota,” tegas Biwara.



Sumber: BeritaSatu.com