Hemat Anggaran, Jokowi Akan Rampingkan 18 Lembaga dan Komisi

Hemat Anggaran, Jokowi Akan Rampingkan 18 Lembaga dan Komisi
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara / Hafidz Mubarak A)
Lenny Tristia Tambun / FER Senin, 13 Juli 2020 | 19:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan dalam waktu dekat ini akan merampingkan sebanyak 18 lembaga dan komisi. Namun, Jokowi tidak merincikan secara detail lembaga dan komisi mana saja yang akan dirampingkan.

Baca Juga: Pemerintah Kaji Pembubaran 96 Lembaga dan Komisi

"Sudah ada, dalam waktu dekat ini. Berapa? 18,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/6/2020).

Perampingan organisasi lembaga dan komisi ini dalam rangka penghematan anggaran negara. Menurut Jokowi, semakin ramping sebuah organisasi, maka anggaran biaya kegiatan atau program dapat semakin di kendalikan. "Semakin ramping organisasi, cost-nya juga semakin kita kendalikan,” ujar Jokowi.

Nantinya, anggaran biaya 18 Lembaga dan Komisi itu akan dikembalikan ke dalam Kementerian, atau menjadi bagian dalam Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian.

"Anggaran biaya, kita lihat kalau pun bisa kita kembalikan ke menteri atau kementerian, ke dirjen, ke direktorat, direktur, kenapa harus pakai badan-badan itu lagi? atau komisi-komisi itu lagi?" ungkap Jokowi.

Baca Juga: Menteri Tjahjo Diminta Tak Asal Bubarkan 96 Lembaga

Jokowi mengibaratkan sebuah organisasi pemerintahan sebagai sebuah kapal yang harus bergerak cepat dengan menggunakan aturan atau susunan organisasi semudah mungkin.

"Kapal itu sesimple mungkin sehingga bergeraknya semakin cepat. Organisasi ke depan kira-kira seperti itu. Negara yang cepat akan mengalahkan yang lambat, bukan negara gede mengalahkan negara kecil, kita yakini,” jelas Jokowi.

Ketika ditanya kapan akan direalisasi perampingan tersebut, Jokowi menegaskan akan segera difinalkan. "Nanti kita finalkan,” tegas Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membenarkan pernyataan Jokowi, bahwa yang akan dirampingkan organisasi adalah komisi, lembaga dan badan. Sama dengan pimpinannya, Pratikno enggan menjabarkan lebih detail. "Komite, komisi dan badan," ujarnya singkat.



Sumber: BeritaSatu.com