Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja kepada 60 Pelaku UMKM

Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja kepada 60 Pelaku UMKM
Presiden Jokowi (Foto: istimewa)
Lenny Tristia Tambun / RSAT Senin, 13 Juli 2020 | 19:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan modal kerja kepada 60 pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM). Masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta per orang.

"Bantuan modal Kerja ini memang isinya tidak banyak Rp 2,4 juta. Saya minta semua digunakan untuk tambahan modal kerja bapak-ibu semua. Ini kita mulai dan akan diberikan ke jutaan pedagang kecil," kata Jokowi saat menyerahkan bantuan kepada  para pedagang di halaman tengah Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/7/2020).

Jokowi mengetahui banyak pelaku usaha UMKM yang keuntungannya menurun, hingga 50 persen akibat pandemi Covid-19. Namun kondisi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi 215 negara di dunia juga mengalami krisis akibat Covid-19.

"Ada yang omset jatuh 50 persen, bener? Ada yang keuntungan biasanya Rp 200 ribu menjadi hanya Rp 50 ribu gitu ya? Saya tahu, saya tahu. Karena memang ini terjadi tidak hanya di negara kita saja, supaya bapak-ibu tahu, pandemi covid ini terjadi di 215 negara kena semuanya, kesehatan kena, ekonomi juga kena. Yang kena tidak hanya yang kecil, yang kecil kena, yang sedang kena, usaha yang gede juga kena semua," ungkap Jokowi.

Kepala Negara berharap bantuan modal kerja yang diberikan dapat membantu perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Pemerintah memulai untuk memberikan bantuan modal kerja pada usaha mikro, usaha kecil untuk bantuan modal kerja darurat. Semoga dengan bantuan ini nantinya bapak-ibu bisa menambah dagangannya. Omset juga bisa laku lebih baik," terang Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan akan mengecek tiga sampai empat bulan kondisi para penerima bantuan tersebut. Ia berharap dalam waktu tersebut, keadaan usaha mereka sudah kembali normal.

"Nanti kalau saya cek tiga bulan atau empat bulan lagi, InsyaAllah sudah berada pada kondisi normal lagi. Syukur lebih baik dari normal yang lalu. Saya tahu kondisi ini berat, tapi kita ingin bapak ibu tetap kerja keras sesuai bidang masing-masing," tutur Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com