Papua Dinilai Alami Kemajuan Kendalikan Covid-19

Papua Dinilai Alami Kemajuan Kendalikan Covid-19
Doni Monardo. (Foto: Antara)
Lenny Tristia Tambun / FER Senin, 13 Juli 2020 | 22:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dari delapan provinsi yang disoroti Presiden Joko Widodo (Jokowi), Provinsi Papua dinilai sudah mengalami kemajuan yang baik dalam pengendalian pandemi virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah Terapkan Karantina Lingkungan

Demikian disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo seusai ratas bersama Presiden Jokowi tentang Percepatan Penanganan Dampak Pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/7/2020).

Delapan provinsi yang disoroti Jokowi adalah Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara dan Papua.

"Nah kita lihat Papua sudah mengalami kemajuan. Bapak Menko dan Menkes beberapa hari lalu berkunjung ke Papua,” kata Doni Monardo.

Baca Juga: 9 Provinsi Tanpa Penambahan Kasus Positif Covid-19

Menurut Doni, ada strategi khusus yang positif yang telah dilakukan pemerintah daerah di Provinsi Papua dalam mengendalikan Covid-19, termasuk penegakan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan. Sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan bahaya Covid-19 dilakukan dengan menggunakan kearifan lokal.

"Ada suatu strategi yang sangat positif yang kita lihat. Dimana Papua melakukan penegakan disiplin berdasarkan kearifan lokal. Dan kita lihat kasus di Papua mengalami penurunan dan juga angka sembuhnya mengalami peningkatan,” terang Doni Monardo.

Doni Monardo mengharapkan untuk menghindari angka kematian, diharapkan pemerintah daerah dan gugus tugas daerah bisa meningkatkan kesadaran kolektif.

Baca Juga: Jokowi Minta Masifkan 3T di 8 Provinsi

"Tujuannya, agar pesan tentang bahaya Covid-19 betul-betul bisa dipahami oleh seluruh komponen masyarakat," tandas Doni Monardo.





Sumber: BeritaSatu.com