Pemda Masih Langgar Aturan Pembukaan Kembali Sekolah
Logo BeritaSatu

Pemda Masih Langgar Aturan Pembukaan Kembali Sekolah

Senin, 13 Juli 2020 | 23:16 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Kegiatan belajar mengajar pada tahun ajaran baru 2020/2021 sudah mulai kembali berlangsung pada hari ini, Senin (13/7/2020). Wakil Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Satriwan Salim meminta pemerintah daerah (pemda), khususnya kepala dinas pendidikan, mematuhi surat keputusan bersama (SKB) 4 Menteri terkait pembukaan kembali sekolah. Sebab, FSGI menerima laporan ada dua pemda yang melanggar SKB tersebut, yakni pemerintah Kabupaten Simeulue, Aceh dan pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat.

FSGI mendapatkan laporan bahwa kepala dinas pendidikan Kabupaten Simeulue menginstruksikan seluruh siswa, mulai dari SD hingga SMA, untuk kembali masuk sekolah. Padahal berdasarkan SKB 4 Menteri, sekolah di zona hijau diperbolehkan dibuka secara bertahap untuk setiap jenjang. Untuk awal, yang diperbolehkan masuk sekolah hanyalah siswa SMA/SMK dan SMP.

“Kami melihat masih banyak kepala dinas kota/kabupaten yang mengindahkan instruksi gubernur dan SKB 4 Menteri. Kami berharap Kemdikbud dan dinas pendidikan provinsi untuk menegur keputusan yang diambil oleh kepala dinas pendidikan di Kabupaten Simeulue ini,” kata Satriwan kepada Suara Pembaruan, Senin (13/7/2020).

Selain itu, Satriwan menyebutkan, pemerintah Kota Bekasi melaksanakan uji coba di dua sekolah negeri, yakni di SD dan SMP.

“Kami berharap wali kota Bekasi mengikuti SKB 4 Menteri karena wilayah yang belum masuk ke dalam zona hijau seharusnya melaksanakan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) secara virtual dengan didampingi orang tua. Jadi jangan memaksakan,” ujarnya.

Satriwan menegaskan, kepala dinas pendidikan harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan siswa sesuai dengan SKB 4 Menteri. Sebab, dalam SKB 4 Menteri tersebut dengan sangat jelas dinyatakan bahwa untuk wilayah Covid-19 di zona kuning, oranye, dan merah masih dilarang untuk melakukan kegiatan tatap muka dan membuka sekolah. Adapun ketentuan dasarnya adalah kabupaten/kota harus zona hijau, pemda harus setuju, sekolah harus memenuhi semua daftar periksa dan siap pembelajaran tatap muka, serta orang tua murid setuju pembelajaran tatap muka

Untuk itu. Satriwan memberi apresiasi kepada pemda Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Meski berada di zona hijau, pemda setempat tetap memilih menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk menjaga keselamatan dan kesehatan murid. Pemda Bima juga patuh melaksanakan kegiatan MPLS secara virtual sesuai arahan dari gubernur NTB.

Sementara itu, Plt Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad mengatakan, pihaknya belum menerima laporan mengenai daerah yang membuka sekolah di semua jenjang.

“Nanti saya cek dinas pendidikan di di Kabupaten Simeulue dulu,” kata Hamid melalui pesan singkat kepada Suara Pembaruan.

Hamid menyebutkan, untuk hari pertama tahun ajaran baru ini, Kemdikbud baru menerima sedikit laporan dari kabupaten/kota yang membuka sekolah tatap muka. Untuk itu, pihaknya terus melakukan identifikasi.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Kemdikbud: Guru Penggerak Harus Jadi Teladan

Orientasi semua dari pemangku kepentingan seperti pesannya Ki Hajar Dewantara juga yaitu berpusat kepada murid.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Kasus Covid-19 di Sumut Bertambah 44 Orang

Gugus Tugas memperluas proses tracing terhadap pasien positif Covid-19.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Papua Dinilai Alami Kemajuan Kendalikan Covid-19

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan bahaya Covid-19 dilakukan dengan menggunakan kearifan lokal.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Lembaga Pendidikan Pariwisata Adaptasi Perubahan Pascapandemi Covid-19

Lembaga pendidikan pariwisata di Indonesia berupaya menyelaraskan perubahan yang terjadi akibat Covid-19.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Lembaga Pendidikan Bantu Pemulihan Pariwisata

Lembaga pendidikan memiliki posisi dan peran strategis dalam upaya pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Pengacara Terdakwa Jiwasraya Minta Hexana Tak 'Cuci Tangan'

Hexana dinilai turut bertanggung jawab dalam perkara dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya

NASIONAL | 13 Juli 2020

Polisi: Artis FTV H Dibayar Rp 20 Juta oleh Pengusaha

Artis berinisial H diketahui dibayar dengan tarif Rp 20 juta oleh seorang pengusaha berinisial A di kota Medan.

NASIONAL | 13 Juli 2020

Menkumham akan Periksa Rutan Salemba Terkait Cuitan Surya Anta

Yasonna Laoly menyatakan sudah memerintahkan Dirjen Pemasyarakatan Reinhard Silitonga untuk mengecek ke Lapas Salemba Jakarta

NASIONAL | 13 Juli 2020

Lagi, Putusan Tetap Perdamaian PT KCN dan Kreditur Ditunda

Majelis hakim tidak bisa menetapkan perdamaian antara KCN dengan pihak kreditur karena belum menerima surat perjanjian perdamaian dari pengurus PKPU.

NASIONAL | 13 Juli 2020

FKMTI Ungkap Pola Mafia Tanah

Mafia tanah kerap menggunakan jalur peradilan dengan modal alas hak yang sebenarnya berbeda untuk mengklaim suatu bidang tanah yang diincarnya

NASIONAL | 13 Juli 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS