Aplikasi Super Salurkan Donasi Covid-19 untuk Warga Surabaya

Aplikasi Super Salurkan Donasi Covid-19 untuk Warga Surabaya
Penyaluran bantuan sembako yang digalang Aplikasi Super ke warga terdampak Covid-19 di Surabaya. (Foto: Beritasatu Photo / Istimewa)
Amrozi Amenan / FER Selasa, 14 Juli 2020 | 22:01 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Aplikasi Super melalui platform sembakountuksedulur, menggandeng dua platform urun dana atau crowdfunding, BenihBaik dan wecare.id, berhasil menggalang donasi senilai Rp 75 juta bagi warga yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19) di Jawa Timur (Jatim).

Baca Juga: Forkas Jatim Salurkan Bantuan Covid-19

Head of Retail and Marketing aplikasi Super, Aimi Jelita Simpuno mengatakan, donasi sebesar Rp 75 juta itu lalu dibagikan dalam bentuk 750 paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 yang tersebar di lima wilayah di Surabaya, yaitu Dupak Jaya, Pacar Keling, Pacar Kembang, Kelurahan Darmo dan Manukan. Setiap warga menerima 5 kilogram (kg) beras, 1 liter minyak goreng, 5 bungkus mi instan, 10 bungkus kopi dan 1 kg gula pasir serta masker kain.

"Kelima wilayah ini menjadi sasaran penyaluran donasi karena banyak warga yang membutuhkan. Misalnya di Dupak Jaya, sebagian besar warga disana merupakan pedagang kaki lima yang penghasilannya menurun drastis setelah terjadi pandemi Covid-19,” kata Aimi dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Selasa (14/7/2020).

Baca Juga: Bank Mantap Donasi Ribuan Masker untuk 6 RS

Dalam menentukan penerima bantuan, lanjut Aimi, aplikasi Super bekerja sama dengan RT/RW setempat agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran. "Kami mendapat datanya dari RT/RW untuk mengetahui warga yang terdampak akibat pandemi ini. Dari situ, ada yang memang benar-benar tidak punya pendapatan dan tidak menerima bantuan dari pemerintah," sambungnya.

Aimi menambahkan, penyaluran donasi bagi warga terdampak Covid-19 ini merupakan tahap yang kedua. Sedangkan tahap pertama telah dilakukan pada Mei lalu, yang juga sebanyak 700 paket. "Sehingga, secara total aplikasi Super sudah menyalukan 1.450 paket sembako untuk warga Jawa Timur," pungkas Aimi.

Baca Juga: Aplikasi Super Galang Donasi Bantu PKL di Jatim

Salah seorang warga RW II Manukan Kulon, M Ridwan mengungkapkan, selama pandemi Covid-19 ruang gerak usaha dibatasi karena pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Kondisi tersebut, membuat penghasilan kami menjadi sangat berkurang. Kehadiran bantuan ini, tentunya menjadi sangat berarti bagi kami," kata Ridwan.

 

 



Sumber: BeritaSatu.com