Soal Kongkalikong Djoko Tjandra, Wakil Ketua DPR Tak Mau Berburuk Sangka

Soal Kongkalikong Djoko Tjandra, Wakil Ketua DPR Tak Mau Berburuk Sangka
Djoko Tjandra. (Foto: Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia)
Markus Junianto Sihaloho / CAR Selasa, 14 Juli 2020 | 12:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan pimpinan DPR tak mau berburuk sangka terhadap para aparat penegakan hukum menyusul kaburnya buronan Djoko Tjandra.

Menurut Dasco, sampai sekarang tak satupun pihak yang bisa memastikan apa yang sesungguhnya terjadi terhadap Djoko Tjandra. “Kita tidak berburuk sangka,” kata Dasco, Selasa (14/7/2020).

Dasco menyatakan pihaknya akan meminta kepada APH untuk saling berkoordinasi. Sebagai pimpinan DPR, Dasco mengaku pihaknya juga sudah meminta kepada Komisi III DPR yang membidangi isu hukum untuk mendalami kasus Djoko Tjandra.

Untuk diketahui, para anggota Komisi III sudah mencoba melakukan penelusuran. Kemarin, Dirjen Imigrasi Kemkumham Jhoni Ginting sudah dipanggil dan menjelaskan pihaknya tak tahu cara Djoko Tjandra bisa masuk ke Indonesia. Ginting menjelaskan Djoko bisa mendapatkan paspor karena namanya sempat dikeluarkan dari Daftar Pencarian Orang (DPO).

Sementara Mendagri Tito Karnavian juga menjelaskan bahwa yang seharusnya dipermasalahkan adalah cara Djoko bisa masuk ke Indonesia untuk mendaftarkan Peninjauan Kembali di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Paspor dan e-KTP baru buat Djoko bisa terjadi karena Djoko bisa masuk ke Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com