Beredar Surat Jalan Djoko Tjandra ke Kalimantan, Maki Lapor Ombudsman
Logo BeritaSatu

Beredar Surat Jalan Djoko Tjandra ke Kalimantan, Maki Lapor Ombudsman

Rabu, 15 Juli 2020 | 11:27 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Surat jalan Djoko Sugiarto Tjandra untuk bepergian ke Pontianak, Kalimantan Barat, beredar di masyarakat. Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (Maki) Boyamin Saiman mengaku mendapatkan foto sebuah surat jalan DPO Djoko S Tjandra dari oknum sebuah instansi dan melaporkan keberadaan surat tersebut ke Ombudsman.

Dalam surat jalan tersebut tertulis nama Djoko Tjandra sebagai "Joko Soegiarto Tjandra". Posisi Joko di surat itu sebagai konsultan dan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pontianak dengan keberangkatan pada 19 Juni 2020 dan kembali pada 22 Juni 2020 .

"Angkutan yang dipakai adalah pesawat. Foto tersebut belum dapat dipastikan asli atau palsu, namun kami dapat memastikan sumbernya kredibel dan dapat dipercaya. Kami berani mempertanggungjawabkan alurnya," kata Boyamin Saiman di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Dirinya pun mengaku mengetahui oknum lembaga mana yang menerbitkan surat tersebut.

"Kami mengetahui dikarenakan foto awal terdapat kop surat, nomor surat jalan, dan pejabat yang menandatangani surat serta terdapat stempelnya. Namun, untuk asas praduga tidak bersalah dan mencegah fitnah, maka kami sengaja menutupnya," ujar Bonyamin.

Untuk memastikan kebenaran surat jalan tersebut, pihaknya akan mengadu kepada Ombudsman. Semua dilakukan guna data tambahan terkait sengkarut perkara Joko Tjandra selama berada di Indonesia mulai 12 Mei 2020 hingga 27 Juni 2020. Buronan kasus korupsi itu telah mendapat KTP elektronik, paspor baru, mengajukan peninjauan kembali (PK) di PN Jaksel, mendapat status bebas dan tidak dicekal, serta bisa masuk dan keluar Indonesia tanpa terdeteksi.

Jika mengacu pada foto surat jalan tersebut, maka hampir dapat dipastikan Joko Tjandra masuk Indonesia melalui pintu Kalimantan (Pos Entikong) dari Kuala Lumpur (Malaysia). "Setidaknya, jika aparat Indonesia serius melacaknya maka sudah mengerucut pintu masuknya, yakni dari Malaysia dan bukan dari Papua Nugini," ujar Bonyamin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Gubernur: UU Minerba yang Baru Rugikan Rakyat Babel

Kebijakan pengelolaan pertambangan masih lebih berpihak pada korporasi besar termasuk oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan bukan kepada rakyat kecil.

NASIONAL | 15 Juli 2020

Positif Covid-19, Rektor USU Tetap Bekerja secara Daring

Keluarga besar Runtung Sitepu dinyatakan negatif Covid-19.

NASIONAL | 14 Juli 2020

Polisi: Artis HH Bisa Dijadikan Tersangka Prostitusi

Polisi masih mendalami apakah transaksi ini secara langsung ke HH atau melalui muncikari. Sangat memungkinkan akan dijadikan tersangka

NASIONAL | 15 Juli 2020

Jaksa Agung Masih Cari Siapa Pencabut Red Notice Djoko Tjandra

Kejaksaan Agung (Kejagung) hingga kini masih mencari titik temu terkait hilangnya status red notice Interpol atas nama Djoko Tjandra.

NASIONAL | 15 Juli 2020

Kasus Djoko Tjandra, Kabareskrim: Usut Tuntas Dugaan Surat Jalan dari Polri

Diduga dikeluarkan Bareskrim Polri melalui Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS.

NASIONAL | 15 Juli 2020

Jumlah Pasien Positif Covid-19 Klaster Secapa AD Bandung Terus Berkurang

Total, jumlah pasien positif klaster Secapa AD sudah berkurang 281 orang, menjadi tinggal 1.026 orang.

NASIONAL | 15 Juli 2020

Kejari Ruteng Perlu Juga Terapkan UU TPPU

Kejari Ruteng diminta untuk juga menerapkan UU TPPU dalam menjerat dugaan korupsi mantan Kades Goloworok, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT.

NASIONAL | 15 Juli 2020

Artis Hana Hanifah Sudah 1 Tahun Terlibat Prostitusi Daring

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko mengungkap Hana Hanifah sudah satu tahun menggeluti dunia prostitusi daring.

NASIONAL | 15 Juli 2020

Bupati Agam Dilaporkan ke Kemdagri

Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri atas dugaan penyalahgunaan wewenang sebagai kepala daerah.

NASIONAL | 14 Juli 2020

Bupati Mitra Disebut Sering Ingatkan Kades Tidak Selewengkan BLT Dana Desa

Bupati Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, James Sumendap disebut sering mengingatkan kepala desa tidak menyelewengkan bantuan langsung tunai dana desa.

NASIONAL | 14 Juli 2020


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS