PKS dan Demokrat Resmi Dukung Kader PDIP di Pemilihan Wali Kota Medan

PKS dan Demokrat Resmi Dukung Kader PDIP di Pemilihan Wali Kota Medan
Ilustrasi Pilkada 2020. (Foto: Antara)
Arnold H Sianturi / JEM Rabu, 15 Juli 2020 | 12:09 WIB

Medan, Beritasatu.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi memberikan dukungan terhadap Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, untuk bersaing dalam pemilihan wali kota Medan pada Pilkada Serentak 2020, yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Dukungan itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sumut, Hariyanto kepada Akhyar Nasution saat mengunjungi Sekretariat DPW PKS di Jalan Kenanga Raya Medan, Selasa (14/7/2020).

"Kita sudah melakukan komunikasi politik. Keputusan ini merupakan lanjutan komunikasi tingkat Medan. Kesepahaman ini selanjutnya diteruskan ke tingkat pusat. Untuk wakil Akhyar, pusat menentukan" ujar Ketua DPW PKS, Hariyanto, Rabu (15/7/2020).

Dengan adanya dukungan PKS maka dapat dipastikan Akhyar Nasution sebagai kader PDIP, memenuhi syarat untuk ikut dalam kontestasi pilkada Medan.

PKS memiliki 7 kursi untuk DPRD Medan. Untuk memenuhi persyaratan 10 kursi, Akhyar sebelumnya mendapatkan sukungan dari Partai Demokrat.

Partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono memiliki 4 kursi di DPRD Medan. Pelaksana tugas (Plt) Ketua Partai Demokrat Sumut, Herri Zulkanain mengatakan, partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono ini, memberikan kesempatan terhadap pelaksanakan tugas Wali Kota Medan itu untuk mencari pendamping.

"Akhyar tidak bergabung sebagai anggota dari Partai Demokrat. Namun, surat dukungan yang sudah diterima itu sebagai bentuk dukungan Demokrat terhadap Akhyar untuk Pilkada Medan. Demokrat memiliki 4 kursi di DPRD Medan," ujar Herri.

Herri menyampaikan, untuk maju sebagai calon kepada daerah, tentunya Demokrat akan berkoalisi dengan partai lain. "Koalisi dilakukan karena suara Demokrat tidak mencukupi untuk mengusung pasangan calon sendiri," sebutnya.  



Sumber: BeritaSatu.com